close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Mengenal Tuberkolosis (TB) Dan Gejalanya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6228
Jum'at, 03 Mar 2023

Penyuluhan tentang Tuberkolosis bersama dokter PPDS dr. Syarlidina

Halo Cik Puan,

Dalam rangka memberikan pemahanan dan wawasan terhadap TB, Tim PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menghadirkan narasumber dokter Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Paru dr Syarlidina untuk memberikan penyuluhan TB di Gedung Medikal RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Penyuluhan TB ini dibuka oleh Mardiana, SKM tim PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Syarlidina menjelaskan TB adalah penyakit menular yang disebabkan Kuman TB. Gejalanya berupa batuk lebih dari 2 minggu, berkeringat malam, sesak nafas dan nyeri dada serta penurunan berat badan.

Kuman TB menular melalui udara. Oleh karena itu agar terhindar dari penularan TB dianjurkan untuk membuka jendela rumah agar masuk cahaya matahari (Kuman TB mati terkena cahaya matahari), tidak meludah disembarang tempat, konsumsi makanan sehat serta menutup mulut ketika batuk atau bersin.

dr. Syarlidina mendegarkan pasien yang bertanya terkait TB

Pengobatan TB dikenal dengan TOSS TB artinya Temukan Obati Sampai Sembuh dari TB. Penderita TB diwajibkan untuk disiplin minum obat sampai pemeriksaan labor menunjukkan hasil yang baik. Jika tidak disiplin maka dapat menyebabkan resistensi obat yang menyebabkan pengobatan menjadi lebih lama yang biasa disebut Multi Drug Resisten (MDR) TB.

Kepada masyarakat dihimbau apabila menemukan gejala TB segera bawa puskesmas atau rumah sakit terdekat. Jangan khawatir karena penyakit TB ini dapat disembuhkan dan obat – obatannya gratis di Puskesmas dan RSUD.

Foto Bersama

Salam MedikAA