close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Apa Itu Congek Dan Bagaimana Menghindarinya ?

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6229
Jum'at, 03 Mar 2023

Halo Cik Puan,

Ketika mengalami gangguan pendengaran yang disertai keluarnya cairan pada telinga maka waspadalah karena itu adalah gejala dari Otitis Media Supuratif Kronis (OMSK) atau biasa disebut Congek.

Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Asmawati Adnan, Sp. T.H.T.B.K.L menyampaikan Congek adalah infeksi pada telinga bagian tengah yang disertai robeknya gendang telinga dan menyebabkan keluarnya cairan yang hilang timbul pada telinga. Congek harus diobati secepatnya karena dapat menyebabkan beberapa penyakit komplikasi yang berbahaya seperti Meningitis, nanah pada otak, hingga Hidrosefalus. Pada mulanya Congek berawal dari infeksi saluran pernafasan atas seperti pilek, alergi atau penyebab lainnya dan tidak teratasi dengan baik.

Di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau penanganan Congek yang bisa dilakukan dengan pemberian obat hingga operasi telinga dan pelayanan endoskopi telinga.

Agar terhindar dari Congek, dr. Asmawati menghimbau kepada masyarakat untuk segera berobat ke faskes ketika pilek. Selain itu bersihkanlah telinga setiap 2 minggu sekali, jangan mencongkel terlalu dalam dan tidak menggunakan benda yang tajam serta menjauhi tempat – tempat yang bersuara keras agar telinga tetap sehat.

Salam MedikAA