close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Ajak Masyarakat Kenali TB, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Sampaikan Edukasi Melalui RRI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6241
Selasa, 14 Mar 2023

dr. Sri Indah Indriani, Sp.P (K) / dr. Noni memberikan edukasi kepada masyarakat tentang TB malalui program siaran dokter menjawab di RRI Pro 1 99,1 FM

Halo Cik Puan,

Tuberkolosis (TB) adalah penyakit menular yang membutuhkan penanganan khusus agar dapat disembuhkan. Bersempena dengan peringatan Hari TB Sedunia, Tim PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau melalui siaran program dokter menjawab Radio Republik Indonesia (RRI) memberikan edukasi untuk meningkatkan wawasan masyarakat tentang TB dengan menghadirkan dokter spesialis paru RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Sri Indah Indriani, Sp.P(K) atau yang lebih kenal dengan dr. Noni (13/03/2023).

Medik Dicionary tentang TB oleh dr. Sri Indah Indriani, Sp.P (K) / dr. Noni

Noni menjelaskan TB disebabkan oleh kuman Mikrobakterium Tuberkolosis yang menular melaui percikan ludah (droplet) dan masuk melalui saluran pernafasan sehingga menyerang paru – paru. Jika tidak diobati dapat menginfeksi organ lainnya dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang berat.

Dokter Spesialis Paru RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Sri Indah Indriani, Sp.P (K) yang akrab disapa dr. Noni

Bagi orang – orang yang sistem immunnya sedang turun dan memiliki penyakit komorbid maka akan rentan terkena TB. Adapun gejalanya seperti : batuk yang tak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, berkeringat malam, sesak nafas, berat badan turun drastis, demam dan lemas. Jika mendapati gejala diatas segera ke faskes terdekat untuk mendapat penanganan.

Untuk memberantas TB pemerintah telah membuat gerakan TOSS TB (Temukan, Obati Sampai Sembuh TuBerkolosis) yaitu sebuah pendekatan untuk menemukan, mendiagnosis dan menyembuhkan pasien TB agar penularannya dapat dihentikan kepada Masyarakat.

Medik Quote tentang TB oleh dr. Sri Indah Indriani, Sp.P (K) / dr. Noni

Untuk mencegah TB, kepada masyarakat dr. Noni menghimbau untuk selalu meningkatkan sistem immun dengan berpilaku hidup sehat, biarkan sinar matahari masuk kedalam rumah agar kuman TB dapat dihilangkan. Berobatlah secara teratur dan disiplin sesuai anjuran dokter jika terkena TB serta yakinlah bahwa TB dapat disembuhkan.

Ayo dukung gerakan TOSS TB wujudkan masyarakat bebas TB..

Jadwal Praktek dr. Sri Indah Indriani, Sp.P (K) / dr. Noni di Poliklinik Paru RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Salam MedikAA