close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Ayo Kenali Gejala TB Pada Anak Dan Pencegahannya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6260
Sabtu, 25 Mar 2023

Halo Cik Puan,

Bertepatan dengan Hari TBC Sedunia, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau melalui Unit PKRS dan KSM Ilmu Kesehatan Anak mengadakan penyuluhan kepada pengunjung di ruang tunggu poliklinik rawat jalan tentang TBC pada anak (Jum'at, 24 Maret 2023). Penyuluhan ini disampaikan oleh dokter spesialis anak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Rince Restiviona, M.Ked(Ped), Sp.A dan dihadiri oleh Ketua KSM Anak yaitu Dr. dr. Deddy Satriya, Sp.A(K).

Dalam materinya dr. Rince menyampaikan anak – anak dapat tertular TBC akibat kontak erat dengan anggota keluarga lainnya yang terkena TBC. Pada umumnya TBC pada anak bersifat ringan dan tidak menular ke orang lain. Adapun gejala yang harus diwaspadai adalah batuk lebih dari 2 minggu, demam, Berat badan tetap / turun dalam 2 bulan, lesu dan tidak seaktif biasanya. Jika tidak diobati maka gejala dapat semakin berat.

dr. Rince memberikan penyuluhan tentang TBC pada anak kepada pengunjung Poliklinik Rawat Jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Kepada para orang tua yang curiga anak – anak yang bergejala dr. Rince menghimbau hendaknya untuk segera membawa ke faskes terdekat. Jangan takut asalkan disiplin dan rutin minum obat maka TBC dapat disembuhkan. Untuk menghindari anak terkena TBC, lakukanlah Immunisasi BCG kepada anak – anak karena terbukti 80% efektif mencegah TB berat pada anak.

Foto bersama dr. Rince, Kepala KSM Ilmu Kesehatan Anak dan Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Ayo pastikan anak – anak kita mendapatkan pengobatan dan pencegahan TBC yang benar agar target nasional bebas TBC di tahun 2030 dapat terwujud. 

Jadwal dr . Rince di Poliklinik Anak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Salam MedikAA