close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Meriahkan HUT Yang Ke 47, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Gelar Seminar Awam Tentang Kanker Serviks.

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6344
Minggu, 04 Jun 2023

Halo Cik Puan,

Memeriahkan HUT yang ke – 47, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengadakan Seminar Awam bertajuk “ Bisakah Kanker Servik dicegah ? ”. Seminar ini digelar di Ruang Serbaguna RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dengan narasumber dokter spesialis kandungan konsultan onkologi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K) Onk, Septin Alrini, SKM dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan moderator dokter spesialis Radiologi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Yenni Oktavia, Sp.Rad (24/05/2023).

Sambutan Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sekaligus membuka seminar awam tentang "Bisakah Kanker Servik dicegah ? ”

Seminar Awam ini dibuka oleh Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau drg. Wan Fajriatul Mamnunah, Sp.KG. Turut hadir dalam seminar ini Kabag Umum Maisel Fidayesi, S.Farm, APT, MM, Kepala IKPM Ns. Azlina, S.Kep, Ketua Unit PKRS dr. Dewi H Prabu, MM dan peserta seminar baik daring maupun luring yang berjumlah lebih dari 200 orang.

Dalam sambutannya Direktur menyampaikan banyaknya kasus kanker yang berat terjadi akibat abai dalam menanggapi keluhan. Dengan mengikuti seminar ini diharapkan dapat mampu meningkatkan wawasan khususnya perempuan terhadap bahaya kanker serviks sehingga dapat melakukan pencegahan dini agar jumlah kasus dapat berkurang. RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau juga akan terus mengembangkan pelayanan kanker agar pasien kanker dapat terlayani lebih optimal.

  

Penyampaian Materi tentang kanker seviks oleh dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K) Onk

Pada materinya, dr. Ari menyampaikan kanker Serviks (kanker pada leher rahim) disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) dengan gejala awal pendarahan di organ reproduksi atau mengalami keputihan yang tidak normal. Penanganannya bisa dilakukan radiasi / kemoterapi / operasi tergantung dari tingkat stadium kanker yang diderita. Untuk pencegahan bisa dilakukan dengan imunisasi HPV bagi anak – anak, melakukan IVA test dan papsmear secara rutin bagi dewasa. Harapannya kanker serviks dapat terdeteksi dini sehingga tindakan yang diberikan dapat lebih mudah dilakukan.

Penyampaian Materi tentang kanker seviks oleh Septin Alrini, SKM

Berkenaan dengan imunisasi HPV, Septin Alrini menyampaikan pemerintah tengah menggalakkan Imunisasi HPV melalui BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) pada bulan Agustus besok. Oleh karena itu pastikan anak - anak kita mengikuti BIAS tersebut agar terhindar dari resiko terkena kanker serviks.

Foto bersama

Salam MedikAA