close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Saat Ini Pemeriksaan Electro Encephalogram (EEG) Sudah Bisa Dilakukan Di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6345
Kamis, 08 Jun 2023

Halo Cik Puan,

Saat ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah mampu melakukan EEG yaitu pemeriksaan diagnostik yang berfungsi merekam aktivitas kelistrikan di otak sehingga memudahkan dokter spesialis Neurologi (saraf) untuk menentukan apakah terjadi gangguan pada saraf otak atau tidak dengan cara menempelkan elektroda – elektroda di kepala.

  

Medik Quote dan Medik Dictionary EEG

Dokter spesialis saraf RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Yossi Maryanti, Sp.N menyampaikan EEG biasa dilakukan pada pasien – pasien yang mengalami gangguan saraf pada otak seperti Epilepsi (ayan / kejang), Meningitis (infeksi otak), Demensia (pikun), Stroke, melihat kerusakan otak seseorang pasca trauma, penentu lokasi pasti tumor pada otak,dll.

  

Pemeriksaan EEG

Pemeriksaan EEG dilakukan dalam 5 tahap yaitu pada kondisi tidur, mata terbuka, mata tertutup, saat diberikan rangsangan cahaya, dan saat bernafas dalam. Adapun persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan EEG yaitu keramas agar kulit kepala bersih saat dilakukan pemeriksaan, tidak menggunakan minyak rambut dan conditioner, tidak lapar, mengurangi tidur agar saat dilakukan EEG gampang tertidur, tidak memakai logam saat dilakukan pemeriksaan EEG dan tidak demam / flu / batuk.

Untuk pasien anak- anak, jika penurut maka bisa diberikan edukasi sedangkan untuk yang tidak penurut seperti bayi atau balita dapat diberikan obat premedikasi agar lebih gampang tertidur.

Secara umum pemeriksaan EEG tergolong nyaman dan aman untuk semua usia karena tidak menggunakan radiasi atau gelombang apapun, tidak menimbulkan efek samping dan tidak sakit. Biayanya pun dapat ditanggung oleh BPJS atau sekitaran Rp. 800.000,- bagi pasien umum untuk setiap kali melakukan tindakan.

Contoh Hasil EEG

Kepada masyarakat, dr. Yossi menghimbau apabila mengalami gangguan saraf pada otak untuk segera ke dokter agar cepat tertangani sebab penanganan pada penyakit saraf otak ini sangat bergantung pada waktu. Semakin cepat dilakukan penanganan maka kerusakan pada otak dapat diminimalisir, gejala sisa semakin sedikit sehingga fungsional hidupnya kedepan akan dapat semakin bagus.

Jadwal dr. Yossi Maryanti, Sp.N di poliklinik RSUD Arifin Achamd Provinsi Riau

Salam MedikAA