close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Mengenal Penyakit Diabetes Dan Komplikasinya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6423
Jum'at, 07 Jul 2023

dr. M. Firdaus J. Karimi, Sp.PD memberikan materi kepada keluarga pasien

Halo Cik Puan,

Demi memberikan wawasan terkait pencegahan penyakit, Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau memberikan penyuluhan kepada keluarga pasien yang ada di Gedung Medikal RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau (Rabu, 05/07/2023). Penyuluhan ini menghadirkan narasumber dokter spesialis penyakit dalam RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. M. Firdaus J. Karimi, Sp.PD dengan judul “Diabetes dan Komplikasinya”.

Dalam materinya dr. Firdaus menyampaikan Diabetes (penyakit gula) adalah gangguan metabolisme dimana terjadi peningkatan kadar gula dalam tubuh akibat kombinasi dari resistensi insulin (hormon insulin yang dihasilkan tidak mampu mengontrol gula dalam darah) dan sekresi Insulin (jumlah insulin yang diproduksi tubuh hanya sedikit). Beberapa gejalanya yaitu kadar gula darah yang tinggi, sering haus dan lapar, kegemukan, sering kencing, sering pusing, mati rasa pada tangan atau kaki dan gangguan pengelihatan.

Sesi Tanya jawab dr. M. Firdaus J. Karimi, Sp.PD dan keluarga pasien terkait penyakit Diabetes

Ketika kadar gula tinggi dan tidak dapat dinetralisir oleh hormon insulin dalam tubuh maka dapat menghasilkan molekul radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Radikal bebas ini akan berlahan – lahan menggerogoti sel dan syaraf di dalam tubuh dan dapat menyebabkan beberapa komplikasi diantaranya gagal ginjal, gangguan jantung, Neuropati (gangguan saraf), dll.

  

Unit PKRS berinteraksi dengan keluarga pasien yang mengikuti penyuluhan Diabetes

Kepada Masyarakat khususnya yang memiliki faktor resiko Diabetes seperti : umur 40 tahun keatas, memiliki riwayat keluarga dengan diabetes, tekanan darah tinggi, jarang bergerak, dll untuk waspada dengan selalu melakukan pengecheckan gula darah secara rutin dan segera konsultasikan ke dokter ahli bila terjadi kenaikan kadar gula darah yang tinggi.

Mari kontrol pola makan, hindari konsumsi berlebih makanan yang mengandung gula dan rajin berolahraga agar kandungan gula darah tetap terkontrol dan terhindar dari Diabetes.

Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dan Narasumber dr. M. Firdaus J. Karimi, Sp.PD

Salam MedikAA