close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Kenali Gejala Kejang Demam Pada Anak Dan Penanganannya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6432
Kamis, 13 Jul 2023

Halo Cik Puan,

Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kembali melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui RRI Pro 1 FM yang membahas tentang Kejang demam pada anak dengan menghadirkan narasumber dokter spesialis anak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Rince Restiviona, M.Ked(Ped), Sp.A.

dr. Rince Restiviona, M.Ked(Ped), Sp.A menyampaikan materi tentang kejang demam pada anak di studio RRI Pro 1 FM

Dalam pembahasannya dr. Rince menyampaikan kasus kejang demam pada anak disebabkan oleh aktivitas listrik yang berlebihan di otak dan dipicu oleh demam tinggi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Saat terjadi kejang akan terjadi gangguan kesadaran pada anak, gerakan hentakan yang tak terkendali pada kaki atau tangan, mata melihat keatas, biru pada ujung jari, dan sebagainya

Adapun tata laksana kejang saat terjadi kejang demam pada anak yaitu tetap tenang, melonggarkan baju anak, posisikan miring ke kiri, tidak mengerumuni agar suplai oksigen tetap terjaga, masukkan obat penurun panas (melalui anus) dan berikan obat anti kejang jika ada serta mengkompres daerah lipatan dengan air panas sembari menugaskan salah anggota keluarga untuk memvideokan anak saat terjadi kejang. Jangan memasukkan benda atau jari kedalam mulut, memberikan minum, dan menahan hentakan saat anak terjadi kejang untuk mencegah hal terjadinya hal yang lebih fatal.

Ketika tata laksana kejang diatas telah dilakukan namun dalam 5 menit kejang belum berhenti atau terjadi kejang berulang selama 1x 24 jam maka segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Tunjukkan kepada dokter video anak saat terjadi kejang untuk memudahkan dalam memberikan penanganan.

Agar terhindar dari kejang demam pada anak, kepada para orang tua dr. Rince berpesan untuk selalu peduli dengan kesehatan anak. Ketika anak mengalami gejala seperti kenaikan suhu, batuk, pilek dan lainnya segera berikan pengobatan untuk mencegah terjadinya demam. Selain itu jaga anak dari lingkungan sekitar yang bisa menularkan faktor – faktor terjadinya demam dan berikan makanan dengan nutrisi dan gizi yang baik agar daya tahan tubuh anak tetap terjaga.

Foto bersama Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, penyiar RRI dan dr. Rince Restiviona, M.Ked(Ped), Sp.A.

Salam MedikAA