close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Kenali Tentang Penyakit Nokturia Dan Penanganannya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6449
Kamis, 27 Jul 2023

Dialog RRI bersama Dr. dr. Zuhirman, Sp.U, Subs.FFN(K)

Halo Cik Puan,

Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kembali mengadakan penyuluhan di RRI Pro 1 99,1 FM dengan judul “Gangguan Kencing (Berkemih –Nokturia)” dengan menghadirkan Narasumber dokter spesialis urologi konsultan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Dr. dr. Zuhirman, Sp.U, Subs.FFN(K).

   

Pengertian penyakit Nokturia dan pesan Dr. dr. Zuhirman, Sp.U, Subs.FFN(K) Kepada Masyarakat

Dalam pembahasannya, dr. Zuhirman menyampaikan Nokturia adalah gangguan yang menyebabkan seseorang harus bangun berkali – kali (lebih dari 2x) untuk kencing pada malam hari. Penyebabnya beragam bisa gangguan fisiologi, gaya hidup, atau akibat penyakit tertentu seperti Diabetes, jantung, atau kanker.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, saat berobat ke RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau pasien akan dilakukan pemeriksaan awal seperti mengisi kuesioner IPSS (International Prostate Symptom), ,pemeriksaan urine di laboratorium, dan pemeriksaan radiologi seperti USG atau MRI (Magnetic Resonance Imaging) sesuai anjuran dokter. Setelah dapat diagnosis pasti, barulah pasien dilakukan penanganan lanjutan apakah hanya perlu mengubah pola hidup, meminum obat – obatan, atau dilakukan operasi.

Dr. dr. Zuhirman, Sp.U, Subs.FFN(K) (kanan) dan Penyiar RRI saling berdiskusi tentang penyakit Nokturia

Kepada masyarakat, dr. Zuhirman berpesan agar tidak khawatir karena Nokturia bisa disembuhkan. Namun yang terpenting kesadaran untuk segera ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat untuk berobat ketika mulai terjadi gangguan pada tubuh. Jangan dibiarkan berlarut karena gejala dapat semakin parah dan pengobatan akan lebih sulit dilakukan.

Foto bersama Unit PKRS, Dr. dr. Zuhirman, Sp.U, Subs.FFN(K) dan Penyiar RRI

Salam MedikAA