close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pengambilan Sampel Ikan Sakit Dan Uji Kualitas Air Kolam Budidaya Serta Melakukan Pembinaan Dan Monitoring Peredaran Obat Ikan Dan Bahan Kimia Di Kabupaten Siak

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6466
Jum'at, 04 Agu 2023

Pengambilan Sampel Ikan Sakit dan Uji Kualitas Air Kolam Budidaya serta melakukan Pembinaan dan Monitoring Peredaran Obat Ikan dan Bahan Kimia di Kabupaten Siak (4 Agustus 2023).

Salah satu aspek yang mempengaruhi keberhasilan usaha budidaya, yaitu adanya hama dan penyakit. Hama adalah organisme pengganggu yang dapat memangsa, membunuh dan mempengaruhi produktivitas ikan, baik secara langsung maupun secara bertahap.
Image title
Umumnya, semakin intensif teknologi budidaya yang digunakan mengakibatkan semakin besar pula kemungkinan timbulnya penyakit. Timbulnya penyakit pada ikan disebabkan karena perpaduan tiga faktor, yaitu kondisi ikan, kondisi lingkungan, serta adanya jasad pathogen/hama. Jika ketiga faktor tersebut mendukung timbulnya penyakit maka terjadinya kematian juga menjadi semakin cepat.

Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan monitoring hama dan penyakit ikan secara rutin, untuk mengetahui jenis hama dan penyakit ikan serta penyebabnya. Dengan begitu, pelaku budidaya dapat melakukan usaha pencegahan serta pengendaliannya.