close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Memperingati HUT Provinsi Riau Ke-66, DLHK Provinsi Riau Menggelar Acara Penanaman Pohon Dan Pembagian Bibit Di Stadion Rumbai

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6467
Sabtu, 05 Agu 2023

PEKANBARU - Pemprov Riau siap mendukung kebijakan Pemerintah Pusat berkenaan dengan Pembangunan Rendah Karbon dan Penurunan Emisi melalui pelaksanaan Rencana Kerja Indonesia Folu Net Sink 2030 Sub Nasional Provinsi Riau, sebagai komitmen Indonesia di tingkat global dalam mitigasi Perubahan Iklim yang sangat mengancam kehidupan di muka Bumi.

Untuk memperbaiki kualitas tutupan lahan, termasuk di ruang terbuka di perkotaan, dengan jenis pepohonan yang bernilai produktif menjadi salah satu upaya penting untuk dilakukan bersama di seluruh wilayah Provinsi Riau sebagai aksi mitigasi perubahan iklim.

Implementasi Rencana Aksi Riau Hijau di tingkat tapak dan tujuan Pembangunan berwawasan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau (DLHK) berkolaborasi dengan BPDAS Indragiri Rokan, Dinas PUPR Riau dan DISPORA Riau melaksanakan penanaman pohon di area Stadion Kaharudidin Nasution (stadion Rumbai).

Kadis LHK menjelaskan “Pohon yang ditanam merupakan jenis peneduh, seperti Ketapang Kencana, Mahoni, Trembesi, Lengkeng, Manggis, Derendan, Tampui, Matoa dan juga akan dibagikan bibit gratis Durian Musang King, Matoa, Pinang dan Lengkeng. Kita harapkan area stadion ini akan semakin semarak dengan hijaunya pepohonan dan buah-buahan yang dihasilkan, sehingga semakin menarik minat masyarakat untuk berolah raga dan bersantai bersama keluarga.” Riau.

Menurut Kadis LHK Riau Dr Ir. Mamun Murod,MM, “Bibit pohon yang ditanam akan terus dilakukan perawatan oleh DLHK Riau sehingga dapat tumbuh dan berfungsi secara lingkungan untuk menyerap karbondioksida, penghasil oksigen, sebagai pengendali polusi udara maupun penambah tutupan lahan serta menambah keanekaragaman hayati di wilayah perkotaan.”

Acara ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-66 Provinsi Riau yang diawali dengan senam pagi bersama, pembagian bibit pohon dan tanaman buah secara gratis kepada Sekolah dan masyarakat sebanyak 2.500 batang, penanaman pohon, serta bazar makanan dan produk-produk daur ulang binaan Dinas LHK Riau.

Pada acara tersebut dihadiri Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan, Hukum dan SDM Yurnalis Basri, Pimpinan Forkopimda Provinsi Riau, Kepala OPD/UPT Provinsi Riau, Kepala UPT KLHK dan Instansi Vertikal di Provinsi Riau. (Humas DLHK)

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title