close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Peringatan HARGANAS Ke-30 Bersama Membangun Generasi Unggul, Indonesia Maju Bebas Stunting

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6468
Senin, 07 Agu 2023

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) merupakan momentum untuk mengingatkan kepada kita semua akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk pembangunan keluarga, bangsa dan negara.

Mengusung tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting, untuk Indonesia Maju”, Penyelenggaraan Harganas ke-30 Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 dilaksanakan di jalan Subrantas Kota Dumai, Sabtu (05/8/2023).

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Masrul Kasmy, menekankan Dalam penanganan stunting, keluarga memegang peranan sentral. Masalah gizi memiliki hubungan erat dengan dinamika keluarga, termasuk praktik pengasuhan yang kurang baik dan minimnya pengetahuan ibu tentang kesehatan dan gizi sebelum, saat, dan setelah kehamilan. Akses keluarga terhadap makanan bergizi juga menjadi isu penting. Penanganan sumber daya manusia adalah tanggung jawab bersama, mengajak seluruh masyarakat, pemerintah, mitra kerja, untuk bekerja sama dan bergotong-royong dalam menghadapi permasalahan di hadapan kita. Bersama, kita bisa mengatasi tantangan ini dan mendorong Indonesia maju ke depan.

Hal senada diungkapan Masrul Kasmy bahwa berdasarkan Data hasil survei status gizi Indonesia Tahun 2022 menunjukkan penurunan yang sangat signifikan, prevalensi stunting di Riau untuk Tahun 2022 angka stunting Provinsi Riau berada di 17% dan terjadi penurunan sebesar 5,3% dari 22,3%.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Riau, Fariza melaporkan bahwa tujuan dari Harganas adalah mensinergikan gerak dan langkah keluargan untuk mencegah stunting, meningakatkan peran lintas sektor, meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia untuk mencegah stunting dan meningkatkan kinerja pengelola dan petugas Bangga kencana dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, lalu yang kelima adalah apresiasi bagi berbagai pihak yang telah menunjukkan kinerja, prestasi dan komitmen dalam rangka program Bangga kecana dan pencegahan stunting, katanya.

Pada kesempatan Harganas ke 30 di  Berikan beberapa Penghargaan Tahun 2023 Penghargaan MKK Terbaik 1 Kota Dumai, Terbaik II Kabupaten Siak, Terbaik III Kabupaten Rokan Hulu  Terbaik IV Ketua TPPKK Kota Dumai, Terbaik V Ketua TPPK Kabupaten Siak

Penghargaan Sarana Perlayanan Kesehatan Terbaik 1 Direktur RS Tandun PT. Nusa Lima Medika Kab. Kampar Terbaik 2 Direktur RSUD Bangkinang.

Berbagai penghargaan lainnya Terbaik 1 Grand Design Pembangunan Kependudukan Award Tahun 2023 bagi Pemerintah Daerah Provinsi, Apresiasi Piawai DAK, Juara I tenaga lini lapangan terbaik, lomba kelompok KB pria , Provinsi terbaik tingkat nasional, pelayanan KB serentak sejuta akseptor (PSA), Juara 2 Tenaga Lini Lapangan Terbaik, kategori PLKB non ASN, Pelayanan KB terbaik klinik swasta diraih oleh klinik Restu Ibu Kota Dumai, Bina Keluarga Balita Bina Sejahtera Desa Tapung Makmur, Tapung Hilir Kabupaten Kampar, Juara 3  provinsi terbaik tingkat nasional, Pelayanan KB Sejuta Akseptor (PSA) dengan kelompok target 15.000 - 40.000 akseptor, kompetisi inovasi video pembelajaran tahun 2023, tim widyaiswara

Image title

Image title

Image title

Image title

Sumber : Humas Dinas P3AP2KB Provinsi Riau