close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Mengenal Berbagai Penyakit Mulut Dan Pencegahannya.

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6486
Senin, 21 Agu 2023

Penyuluhan bersama dokter gigi Spesialis Penyakit Mulut RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau drg. Alamsyah Piliang, Sp.PM.

Halo Cik Puan,

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau melalui unit PKRS mengadakan penyuluhan kesehatan kepada pengunjung poliklinik rawat jalan (Rabu, 16/08/2023). Penyuluhan ini berjudul “Pengenalan penyakit mulut dan kelainan – kelainan di rongga mulut yang disampaikan oleh narasumber dokter gigi Spesialis Penyakit mulut RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu drg. Alamsyah Piliang, Sp.PM.

   

Pengertian tentang Penyakit Mulut dan Himbauan agar terhindar dari berbagai penyakit mulut serta jadwal praktek drg. Alamsyah Piliang, Sp.PM di poliklinik Gigi

Dalam paparannya dr. Alamsyah menyampaikan penyakit mulut adalah penyakit yang dapat menyerang mulut dan rongga mulut sehingga menyebabkan iritasi (luka) atau perubahan kondisi jaringan lunak di dalam mulut. Biasanya hal ini terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan mulut dan rongga mulut, trauma, hormonal, kelainan darah atau efek dari penyakit lain yang dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya (sistemik)  seperti Hipertensi, Diabetes, gagal ginjal, dan penyakit lambung.

  
drg. Alamsyah Piliang, Sp.PM menjelaskan tentang penyakit mulut dan menjawab pertanyaan dari pengunjung Poliklinik Rawat Jalan

Adapun jenis – jenis penyakit pada mulut dan rongga mulut diantaranya sariawan, radang, luka atau terjadi perubahan warna pada mulut dan rongga mulut, infeksi jamur, herpes, pertumbuhan tulang pada rongga mulut, lidah pecah – pecah dan kanker mulut.

Kepada masyarakat, dr. Alamsyah menghimbau untuk selalu melakukan deteksi dini penyakit mulut dengan meraba menggunakan 2 jari untuk melihat kelainan pada rongga mulut seperti perubahan warna dan perubahan kondisi jaringan pada mulut dan rongga mulut. Periksakan gigi dan mulut ke dokter gigi rutin setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kesehatan mulut dan rongga mulut, terapkan pola hidup sehat serta hindari rokok dan alkohol agar terhindar dari penyakit mulut.

  

Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau berinteraksi dengan pengunjung dan foto bersama dengan Wakil Direktur Bidang Keuangan dan narasumber drg. Alamsyah Piliang, Sp.PM.

Salam MedikAA