close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pemerintah Provinsi Riau Raih Penghargaan Pemerintah Daerah Penggerak Pengelolaan Sampah Di Laut

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6489
Senin, 20 Nov 2023

Surabaya - 10 November 2023, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menggelar Program Bulan Cinta Laut pada Juli - September 2023. Gernas (Gerakan Nasional) BCL merupakan salah satu komitmen Pemerintah dalam mengurangi sampah dilaut. Gernas BCL ini merupakan koloborasi dari seluruh stakeholder baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, mitra/ngo dan Komunitas Penggiat sampah. Bulan cinta laut  melibatkan para nelayan. Dan provinsi riau merupakan salah satu provinsi yang diikutsertakan dalam program ini dengan melibatkan 75 nelayan di Kota Dumai.

Puncak Bulan cinta laut Kota dumai telah dilaksanakan pada tanggal 12 agustus 2023 yang dihadiri saat itu oleh Gubernur Riau Bapak Syamsuar MSi dan Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Gubernur Riau bersama seluruh Nelayan langsung turun dan ikut serta bersama nelayan mengumpulkan sampah dilaut.

Secara Nasional Puncak Bulan Cinta Laut dipusatkan disurabaya tanggal 10 November 2023.Acara puncak bulan cinta juga memberikan Penghargaan ke beberapa pihak. Salah satunya adalah Pemerintah Provinsi  Riau yang memeperoleh penghargaan Pemerintah Daerah Penggerak Pengelolan sampah. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Trenggono kepada Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Ekonomi dan Keuangan Tengku Fauzan Tambusai, S.STP.

Tengku Fauzan Tambusai, SSTP mengatakan bahwa penghargaan ini diperoleh atas komitmen Pemerintah Daerah Provinsi Riau bekerjasama dengan Nelayan Kota Dumai dibantu oleh Mitra diantaranya Bank Sampah Dumai Jaya Plastik, beberapa Perusahaan yang terlibat diantaranya PT. Pertamina Hulu Rokan, PT. Pacific Indopalm Industries, PT. Indibenua Perkasatama, PT. Wilmar, PT. Agromurni, PT. Kilang Pertamina Internasional, PT. Aditya Serayakota, PT. Apical Group, PT. Semen Padang Dumai, PT. Ivomas. Kedepan diharapkan bahwa Gerakan Bulan Cinta Laut bisa kita lanjutkan supaya sampah dilaut bisa dikelola dengan baik.