close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dispar Riau Optimis Target 9 Juta Kunjungan Wisatawan Tercapai

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6493
Jum'at, 24 Nov 2023

PEKANBARU - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau optimis mampu memenuhi target kunjungan wisatawan tahun 2023. Hingga kini, setidaknya sudah ada 8 juta wisatawan yang berkunjung di Riau. Sementara, target tahun ini adalah 9 juta wisatawan.

"Delapan juta jiwa itu data per Oktober. Kami optimis target jumlah wisatawan bisa tercapai. Apalagi, kita masih ada waktu sekitar 1,5 bulan lagi. Di bulan Desember biasanya kunjungan orang datang ke Riau terbilang tinggi," papar Kepala Dispar Provinsi Riau, Roni Rakhmat, Kamis (23/11/2023).

Dijelaskan Roni, jika mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), per bulan September lalu, jumlah wisatawan masuk Riau sebanyak 7.879.326 orang. Penghitungan dibagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama yaitu wisatawan nusantara dengan total 7.557.008 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat

Sementara, kategori kedua wisatawan mancanegara berdasarkan pintu masuk dengan total 285.303 orang dan kategori ketiga berdasarkan Mobile Positioning Data (MPD) sebanyak 37.015 orang. "MPD ini dilihat dari pergerakan sinyal ponsel provider luar negeri yang masuk Riau," kata Roni.

Untuk di bulan September saja, terang Roni, wisatawan mancanegara sebanyak 3.472 orang. Mereka masuk dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Bengkalis dan Pelabuhan Tanjung Harapan Kepulauan Meranti.

Ada lima negara asal yang mendominasi wisatawan mancanegara di Riau. Pertama yaitu Malaysia dengan total 2.045 orang di bulan September 2023. Diikuti Singapura (376 orang), India (52 orang), Tiongkok (49 orang), dan Thailand (18 orang).

Dibanding data bulan September tahun sebelumnya, jumlah wisatawan mancanegara kali ini bisa dibilang meningkat. Di September 2022, jumlah wisatawan yang masuk berdasarkan pintu masuk adalah 209.165 orang. Sementara berdasarkan MPD ada 23.798 orang.

Masuknya wisatawan mempengaruhi Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Riau pada bulan September itu. Berdasarkan data BPS, beber Roni, TPK ada di angka 39,75 persen. Meningkat 2,17 poin dibanding bulan Agustus 2023.

Roni menyebut, selain Pekanbaru, ada dua daerah yang tingkat kunjungan wisatawannya cukup banyak. Seperti Kuantan Singingi yang grafiknya naik drastis ketika pelaksanaan Pacu Jalur lalu. Sementara, wisatawan Rokan Hilir meningkat ketika pelaksanaan Festival Bakar Tongkang.

Dengan sisa waktu yang ada, Roni yakin target jumlah wisatawan masuk Riau terpenuhi. Dia juga menyebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau selalu berupaya meningkatkan layanan wisata agar memicu naiknya jumlah kunjungan. Baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. 

 

 

(Mediacenter Riau/sa)

Download File