close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia Di Tahura, Gubri Mengajak Semua Pihak Terlibat Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6509
Kamis, 21 Des 2023

PEKANBARU – Kamis (21/12/2023), Bertempat di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim, Acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Provinsi Riau Tahun 2023. Acara yang dihadiri oleh Kadis LHK Provinsi Riau, Mamun Murod, Forkopimda baik dari pusat dan daerah, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau, Kepala UPT KPH Lingkup Dinas LHK Provinsi Riau, serta Yayasan dan Perusahaan Swasta yang turut hadir dalam acara yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka memulihkan hutan dan lahan guna penyelematan sumberdaya air, produktivitas lahan, perubahan iklim, dan pencegahan bencana hidrometeorologi.

Pada kesempatan ini, Gubernur Riau yang diwakili Kadis LHK Provinsi Riau, Mamun Murod berkesempatan membuka acara. Gubri mengatakan, “Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang kita peringati setiap tahunnya. Pada tahun ini kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau dengan UPT KLHK Balai Pengelolaan DAS Indragiri Rokan dipusatkan di UPT KPH Minas Tahura, sebagai satu- satunya UPT KPH Dinas LHK Provinsi Riau yang mengelola Hutan Konservasi di Riau.”

“Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2023 merupakan momentum untuk mengajak seluruh elemen, baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat agar semakin memiliki rasa peduli dan aktif menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui berbagai cara, diantaranya dengan menanam pohon seperti yang kita laksanakan pada hari ini.”

“Kami berharap kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kita bersama untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup, terutama aspek Kualitas Lahan dengan tutupan pohon yang baik. Tidak hanya di kawasan hutan yang terus mengalami degradasi dan de-forestrasi akibat ulah pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab, namun juga di lahan milik masyarakat, korporasi dan bahkan pekarangan serta fasilitas publik seperti sarana ibadah, pendidikan dan kesehatan.”

“Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya melakukan perbaikan kualitas lingkungan sebagai wujud komitmen daerah terhadap komitmen Pembangunan Berkelanjutan. Arah Kebijakan pembangunan daerah harus memperhatikan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup, menerapkan prinsip Pembangunan Rendah Karbon dan mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat. Komitmen ini telah dicanangkan sebagai Tujuan Pembangunan Riau Hijau untuk kehidupan masyarakat Riau ke depan yang lebih baik.”

“Kami berkeyakinan, kesadaran dan Gerakan menanam pohon jika dilaksanakan secara masif di berbagai wilayah Provinsi Riau, juga akan mendukung kontribusi Riau terhadap target penurunan emisi karbon yang ditetapkan secara nasional, melalui instrumen Rencana Kerja Indonesia Folu Net Sink 2030 Sub Nasional Riau. Capaian kinerja pengurangan emisi Riau untuk Pengendalian Perubahan Iklim juga membuka peluang dukungan negara donor melalui skema Result Based Payment (RBP) maupun peluang manfaat ekonomi dari skema perdagangan karbon yang akan menjadi trend ke depan.”

Acara hari ini ditutup dengan pemberian bibit dan penanaman pohon di kawasan Tahura yang dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat. (Humas DLHK)

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title