close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

KASATPOL PP RIAU MINTA PTI UTAMAKAN WAWASAN DALAM BERTINDAK

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-767
Selasa, 25 Agu 2015

PEKANBARU - Satpol PP Riau gelar pembekalan Pengawasan Tindak Internal (PTI). Kegiatan ini diikuti para PTI dari sejumlah daerah di Riau atau yang dulunya dikenal dengan Provost Satpol PP.

Pembekalan itu dimaksudkan agar dalam selama penanganan terhadap internal Satpol PP yang dianggap bermasalah, para PTI memiliki bekal yang cukup. Mulai pengawasan hingga dalam melakukan tindakan.

"PTI harus memahami peraturan, karena itu melalui pembekalan ini saya minta semua sudah mengerti apa akan dilakukannya sebelum bertindak," kata Kasatpol PP Riau Zainal Z SH MH, Senin (24/8/15).

Para TPI juga diberi pemahaman tentang peraturan yang berlaku dalam Satpol PP. Langkah persuasif termasuk penguasaan tentang peraturan sangat dikedapankan.

Paradigma ini pulalah yang membedakan antara Satpol dulu dan sekarang, yang tidak lagi mengedepankan fisik dalam bertindak. Untuk memaksimalkannya, pelatihan tersebut digelar selama 10 hari kedepan.

"Sekarang inikan paradigma sudah berubah. Otot mungkin tetap diperlukan, tetapi yang dikedapankan dulu adalah wawasan. Bagaimana mungkin seorang PTI tidak memahami tugas dan fungsinya. Ada aturan, ada tahapannya sebelum Penindakan. Jadi pendekatan humanismenya yang lebih ditonjolkan dulu," tegas Zainal.

Selain diikuti para TPI kabupaten/kota di Riau, pelatihan juga dibekali dari Polda Riau. "Tadi memang saya tekankan kepada anggota Satpol PP khususnya PTI bahwa sekarang ini zamannya keterbukaan. Wawasan itu lebih diutamakan. Karenanya saya minta seluruhnya serius mengikuti kegiatan ini. Memang otot diperlukan, tetapi kecerdasan juga sangat diutamakan dalam melakukan pengawasan dan penindakan," ungkap Zainal lagi.(polppriau)