close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Rapat Koordinasi Intensifikasi Dan Ekstensifikasi Dana Bagi Hasil PBB-P3

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-887
Senin, 23 Nov 2015

Dinas Pendapatan Daerah provinsi Riau melalui Bidang Retribusi PADL dan DBH, Hari Selasa (17/11/2015) mengadakan Rapat Koordinasi Intensifikasi dan Ekstensifikasi Dana Bagi Hasil Pajak Bumi dan Bangunan, Perkebunan, Pertambangan dan Perhutanan (PBB-P3) bersama SKPD terkait dan Dinas Pendapatan se-Provinsi riau.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Grand central, Jl. Jendral Sudirman ini dihadiri oleh 150 tamu undangan, termasuk dari Kanwil DJP Riau Kepri yang diwakili langsung oleh Kakanwil DJP Riau-Kepri Bpk. Jatnika beserta jajarannya.

Acara yang dibuka oleh Kadispenda Provinsi Riau, S.F Haryanto ini dimulai dengan sambutan Kepala Bidang Retribusi PADL dan DBH, Efnida S.E. Selanjutnya, acara diteruskan dengan pemaparan serta ekspos data dari Dinas Pendapatan Riau, dilanjutkan oleh Kakanwil DJP Riau dan terakhir dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Riau.

Menurut Kepala Dinas Pendapatan Riau, S.F. Haryanto, acara diskusi seperti ini sangat perlu diadakan. Karena dengan pertemuan seperti ini, setiap SKPD terkait bisa melakukan cross cek data secara langsung. Mengingat permasalahan dilapangan, masih terjadi upaya-upaya nakal dari para Wajib Pajak dalam menghindari kewajibannya membayar pajak.

“kesempatan dalam satu forum seperti ini kita manfaatkan untuk saling bertukar informasi dan data. Hal ini sangat perlu karena sudah beberapa kali kita mendapatkan data yang berbeda. Bila perlu, pertemuan seperti ini kita adakan secara rutin,” ungkapnya.

Menurutnya, sinkronisasi data akan sangat membantu dalam pengambilan tindakan terhadap para Wajib Pajak.

Kepala Bidang retribusi PADL dan DBH, Efnida S.E mengatakan untuk penggalian potensi PAD khususnya dari sektor PBB-P3, setiap SKPD memang perlu untuk terus berkoordinasi terutama dalam hal sinkronisasi data. Karena hampir 100% dari hasil PBB-P3 nilainya akan dikembalikan ke daerah. Karena itu beliau menyayangkan jika sektor ini tidak tergarap dengan maksimal.

Sementara itu Kakanwil DJP Riau-Kepri, Bpk. Jatnika menyambut baik hal tersebut. Pihaknya akan selalu membuka pintu lebar-lebar bagi setiap pihak yang ingin melakukan cross cek data ke kantornya.

“kami sangat menyambut baik hal tersebut. Kami akan siap membantu setiap SKPD yang akan melakukan cross cek data. Untuk hal yang satu ini kita tinggalkan birokrasi yang rumit. Silahkan hubungi saya jika bapak ibu akan datang ke kantor,” ungkapnya.

Acara yang berlangsung selama 4 jam ini ditutup dengan sesi diskusi. Pada kesempatan itu, setiap SKPD terkait mengajukan pertanyaan seputar perizinan dan juga data seputar permasalahan PBB-P3 kepada para narasumber.