close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinkes Riau Sosialisasikan Gerakan Bude Jamu Ke Setiap Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2604
Kamis, 09 Feb 2017

Dinas Kesehatan Provinsi Riau terus mengembangkan gerakan Bugar Dengan Jamu (BUDE JAMU). Kamis (02/02/2016), Dinas Kesehatan mensosialisasikan Bude Jamu ke setiap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota agar dapat diterapkan di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota masing-masing.

Peluncuran gerakan Bugar Dengan Jamu (Bude Jamu) merupakan tindak lanjut dan operasionalisasi dari komitmen kita bangsa Indonesia untuk mengangkat jamu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Pemerintah juga berupaya melindungi masyarakat dari peredaran obat tradisional yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan manfaat, sekaligus pengembangan Usaha Jamu Gendong (UJG) dan Usaha Jamu Racikan (UJR).

Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui seksi kefarmasian dan alat kesehatan sudah membina lebih kurang 50 pelaku Usaha Jamu Gendong (UJG) dan Usaha Jamu Racikan (UJR) agar mengikuti dan memahami prosedur serta dan ketentuan keamanan, mutu dan manfaat dalam pembuatan jamu segar sehingga diharapkan para pelaku UJG dan UJR dapat memproduksi jamu segar yang bebas dari Bahan Kimia Obat, higiene sanitasi terjaga, bermanfaat dan aman bagi kesehatan.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau sendiri sudah menjalankan gerakan Bude Jamu ini setiap hari kamis usai senam pagi. Sesuai dengan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Dengan demikian, sudah selayaknya pendekatan pembangunan kesehatan adalah membuat masyarakat Riau menjadi lebih sehat dan mempertahankan yang sehat supaya tidak sakit. Pendekatan inilah yang disebut dengan paradigma sehat.

Tujuan Gerakan Nasional Bugar Dengan Jamu ini selain untuk melestarikan budaya minum jamu juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran keluarga dan masyarakat. Disamping itu juga dapat meningkatkan ekonomi rakyat pada pelaku usaha jamu gendong dan racikan.