close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sempena Memperingati Hari Kanker Sedunia “Cegah Kanker Dengan Menerapkan Pola Hidup CERDIK”

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2606
Jum'at, 10 Feb 2017

Sempena memperingati Hari Kanker Sedunia setiap tanggal 4 Februari yang bertema “We Can I Can” dan Hari Gizi Nasional ke 57 tahun 2017 yang bertemakan “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi”, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan serangkaian kegiatan di Area Car Free Day jalan Diponegoro pada hari minggu (5/02/2017) lalu. Adapun beberapa kegiatan tersebut antara lain sosialisasi tentang penyakit Kanker, senam zumba, deteksi/ skrining faktor resiko penyakit tidak menular (pemeriksaan kolesterol, tekanan darah tinggi, gula darah, dan konseling gizi), sosialisasi budaya makan sayur dan buah, membagi jamu gratis serta hiburan berupa kuis TTS ceria bertema kesehatan yang diadakan oleh mahasiswa IPM KesRi.

Dalam peringatan Hari Kanker Sedunia ini, Pemerintah Provinsi Riau khususnya Dinas Kesehatan mendukung masyarakat untuk melawan kanker. Hal ini ditunjukkan dengan penandatanganan komitmen oleh pejabat serta masyarakat Riau untuk melawan kanker.

PembagianPinWorldCancerDay

Saat ini penyakit tidak menular seperti penyakit Jantung Koroner, Stroke, Diabetes Melitus, Kanker dan peyakit tidak menular lainnya merupakan penyebab kematian tertinggi di Dunia maupun di Indonesia. Khusus peyakit Kanker, berdasarkan data GLOBALCAN 2012, diperkirakan terdapat 14,1 juta kasus Kanker baru yang muncul, pada tahun yang sama terdapat pula 8,2 juta kematian karena Kanker.

Pada tanggal 21 April Tahun 2015, Pemerintah Prov. Riau telah mencanangkan Hari Kartini sebagai Hari Pencanangan Deteksi Dini Penyakit Kanker diantaranya kanker Leher Rahim melalui Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Acetat Test (IVA Test) dan Kanker Payudara melalui pemeriksaan SADARI dan SADANIS.

Dari Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, jumlah perempuan yang telah dilakukan pemeriksaan IVA tes dan SADANIS/SANDARI pada tahun 2015 dan 2016 sebanyak 13.013 perempuan, IVA positif 679 orang, Kanker serviks 17 orang dan Kanker Payudara 71 orang. Dan dari data RSUD Arifin Achmad Pekanbaru jumlah kunjungan pasien penderita kanker tahun 2011 s/d 2014 sebanyak 2.758 dan pada tahun 2016 terdapat sebanyak 17.467 kunjungan pasien Kanker.

Ditempat yang sama (Car Free Day), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM mengingatkan sekaligus mengajak  masyarakat Riau untuk cegah Kanker sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat, mulai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. “Saya juga berharap dukungan lintas program dan sektor dalam mengendalikan Penyakit Kanker di Provinsi Riau, karena Kanker dapat dicegah dengan gaya hidup sehat dengan CERDIK (Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stress)”.

Pada acara ini juga turut dihadiri oleh Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan UPT, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad dr. Nuzelly Husnedi MARS serta mahasiswa dari Ikatan Pemuda Mahasiswa Kesehatan Riau (IPM KesRi).