close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinkes Terus Berupaya Atasi Peningkatan Kasus TB Anak Di Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2798
Kamis, 06 Apr 2017

Tuberkulosis pada anak saat ini menjadi perhatian serius di Indonesia khususnya Provinsi Riau, karena semakin banyaknya kasus baru TB pada anak yang ditemukan. Anak memiliki resiko tinggi untuk terserang terhadap penyakit setelah terinfeksi dan infeksi laten pada anak jika tidak di obati dengan benar akan menjadi kasus TB dimasa dewasanya yang merupakan sumber penularan baru.

Salah satu yang menjadi masalah dalam penanggulangan TB anak adalah penegakan diagnosis. Sejak tahun 2005 sistem skoring TB anak disosialisasikan dan direkomendasikan sebagai sebuah pendekatan diagnosis. Permasalahannya tidak semua fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) mempunyai uji tuberkulin dan pemeriksaan foto thoraks. Uji tuberkulin dan pemeriksaan foto thoraks merupakan 2 parameter yang ada dalam sistem skoring.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Wasor dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dokter Umum Poli Anak dari Puskesmas Kabupaten/Kota serta Dokter Spesialis Anak menyusun inovasi dalam tatalaksana TB pada anak pada rabu lalu (05/04/2017). Ini bertujuan untuk menurunkan angka kasus TB pada Anak dengan memberikan Profilaksis INH sesuai alur yang baik demi mencegah TB anak.

Pada Workshop Manajemen dan Tatalaksana TB anak Rabu lalu, Kepala Seksi P2PM Yenvetris, SKM, M.Kes selaku mewakili Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengatakan, “Penatalaksanaan kasus TB pada anak adalah upaya komprehensif, yang menggabungkan aspek klinis, program serta upaya kesehatan masyarakat. Ini perlu adanya kerja sama dan keseriusan antara dokter serta wasor dan sektor terkait dalam mengatasi TB anak khususnya di Provinsi Riau”, Ujarnya.

Turut hadir juga Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia wilayah Riau dr. Riza Iriani Nasution. Sp.A sekaligus menjadi Narasumber pada acara tersebut.