close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Peningkatan Kapasitas Teknis Akupresur Bagi Petugas Kesehatan

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2811
Rabu, 12 Apr 2017

Dalam rangka pengembangan upaya kesehatan tradisional, pemerintah perlu meningkatkan pembinaan dan pengawasan. Penyelenggaraan upaya kesehatan tradisional yang secara administratif dilaksanakan berjenjang mulai dari pusat sampai daerah, tentunya ini tidak luput dari berbagai hambatan dan masalah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Agar pelayanan kesehatan tradisional dapat dilaksanakan dengan baik, maka diperlukan dukungan sumber daya kesehatan sebagai aparat pelaksana yang bekerja secara profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu peningkatan kinerja sumber daya kesehatan melalui pendidikan dan pelatihan terhadap tenaga kesehatan, khususnya pelatihan tenaga pelayanan kesehatan tradisional merupakan langkah penting yang harus ditempuh.

Salah satu pelayanan kesehatan tradisional jenis keterampilan adalah pijat. Pijat telah dikenal oleh masyarakat sejak dahulu kala sebagai bagian dan upaya untuk membuat mereka lebih sehat dan telah memberi andil yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan. Jenis pijat yang berkembang saat ini diantaranya adalah pijat akurpresur.

Akupresur perlu dikembangkan dalam upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan ringan dan pemulihan baik ditingkat keluarga, masyarakat, maupun Puskesmas dan pada fasilitas kesehatan lainnya. Tujuan pemijatan akupresur ini adalah untuk mengembalikan keseimbangan yang ada dalam tubuh, dengan memberikan rangsangan agar aliran energi kehidupan dapat mengalir dengan lancar.

Rabu, (05/04/2017). Dalam rangka menyiapkan tenaga kesehatan dalam pembinaan pengobatan tradisional pijat akupresur di wilayah kerja Puskemas serta mendukung program kesehatan di Puskesmas, maka Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Teknis Akupresur Bagi Petugas Kesehatan. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru pada tanggal 05 April s/d 13 April 2017 dan diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari 2 orang tenaga Puskesmas pemegang Program Yankestrad Kabupaten/Kota.

Pada Pelatihan ini Dinas Kesehatan Provinsi Riau menghadirkan narasumber dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI serta perwakilan dari RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Dalam kata sambutan Dr. Yohanes, M.si selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengatakan,”Pembinaan dan Pengawasan pada pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan tradisional dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi masalah teknis pelayanan kesehatan di wilayah kerja tenaga kesehatan terutama di Puskesmas. Salah satu upaya ini adalah dengan cara mempersiapkan para tenaga kesehatan di Puskesmas melalui kegiatan Pelatihan Akupresur ini.”