close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

CEGAH KANKER SERVIKS SEJAK DINI, RSUD GELAR SEMINAR AWAM

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2921
Kamis, 08 Jun 2017

PEKANBARU- Dalam rangka memperingati HUT ke 41 tahun 2017, Sabtu (20/5) RSUD Arifin Achmad menyelenggarakan seminar awam “Seminar Umum tentang Kanker Mulut Rahim” sebagai bentuk kepedulian terhadap wanita Indonesia. Seminar ini bertujuan untuk menumbuhkan awareness kepada masyarakat awam agar lebih peduli terhadap bahaya Kanker Serviks, seperti yang disampaikan oleh seorang ahli kandungan RSUD Arifin Achmad, DR. dr. Ari Hidayat, Sp.OG(K) “Di dunia, lebih dari 700 perempuan meninggal setiap hari karena kanker serviks, 80% kasus dan kematian terjadi di negara-negara berkembang.” Jelasnya.

Bertempat di ruangan serbaguna RSUD Arifin Achmad yang beralamat di Jalan Diponegoro, kegiatan seminar  yang dibuka oleh Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS ini tampak dihadiri oleh ratusan peserta. Peserta yang terdiri dari guru dan siswa perwakilan sekolah menengah atas, masyarakat umum dan pegawai RSUD Arifin Achmad sangat antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh DR. dr. Ari Hidayat, Sp.OG(K). Seminar yang dimulai dari jam 09.20 hingga jam 11.00 ini diikuti dengan sesi tanya jawab. Kedepannya, RSUD Arifin Achmad akan lebih banyak menyelenggarakan acara penyuluhan serupa agar menyadarkan masyarakat awam agar lebih peduli terhadap kesehatan dan mensosialisasikan bagaimana pencegahan dan penanggulangannya.

Hal ini merupakan bentuk kepedulian RSUD Arifin Achmad khususnya kepada kaum perempuan. Terlebih mengingat dua penyakit ini termasuk penyebab kematian tertinggi di Indonesia, bahkan di dunia.

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.