close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Memperkenalkan Aplikasi BDT-PFM

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3321
Rabu, 11 Okt 2017

Pekanbaru, Dinsos-Riau. Dinas Sosial Provinsi Riau memperkenalkan Aplikasi Basis Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin (BDT-PFM) Provinsi Riau bertempat di ruang rapat Lantai II Dinas Sosial Provinsi Riau, Senin (9/10/2017). 

H. Dahrius Husin  selaku Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau mengatakan di dalam aplikasi BDT-PFM ini terdapat menu pilihan berupa data penduduk miskin dan data program bantuan diantaranya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Beras Sejahtera (Rastra) dan KPM Program Keluarga Harapan (PKH) secara by name by address seluruh kabupaten/kota se- Provinsi Riau.  

"Aplikasi ini dapat diakses dengan alamat website bansos-hibah.riau.go.id/pendudukmiskin/home”.

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk menghimpun data bantuan yang diberikan dalam penangan Fakir Miskin.  Aplikasi BDT-PFM pada saat ini baru melayani stakeholder terkait seperti Dinas Sosial Provinsi Riau dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) serta Biro Administrasi Kesejahteraan Masyarakat dan akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan

Adapun penetapan kriteria dan pendataan fakir miskin dan tidak mampu sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang penangan fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian atau mempunyai sumber mata pencaharian tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak  bagi kehidupan dirinya dan keluarganya.