close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

DIREKTUR RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU SAPA MASYARAKAT RIAU DALAM PROGRAM JENDELA INFORMASI KITA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5169
Kamis, 01 Jan 1970

Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS kembali menyapa masyarakat Riau pada program Jendela Informasi Kita (Jelita). Program Jelita merupakan sebuah program membahas seputar rubrik kesehatan dengan menghadirkan narasumber yang ahli dibidang kesehatan yang disiarkan dua kali seminggu yaitu setiap hari Senin jam 10.00 WIB di RRI Pro 1 FM 99,1 MHz. Program ini merupakan bentuk kerja sama antara Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dan Radio Republik Indonesia (RRI) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, edukasi, wawasan dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan. Pada kesempatan kali ini, Direktur membahas tentang perkembangan yang telah dilakukan khususnya pada layanan unggulan yaitu pusat kanker terpadu dan pusat jantung terpadu. Selain itu dibidang IT, Direktur juga membahas tentang MIRAI dan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang telah dikembangkan memudahkan masyarakat untuk melakukan pendaftaran.

Dalam paparannya Direktur menjelaskan, saat ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah memiliki Instalasi Kanker Terpadu yang berlokasi di Gedung Seruni RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Instalasi Kanker Terpadu ini didukung oleh dokter – dokter spesialis yang ahli dibidang kanker dan perawat – perawat memiliki kompetensi yang telah mumpuni dalam penanganan kanker. Selain itu, di dalam Gedung Seruni ini telah terkumpul semua penunjang dalam penanganan kanker, mulai dari pendaftaran, poliklinik kanker, apotik, ruang kemoterapy, hingga radioterapy (Onkologi Radiasi) yaitu tempat untuk melakukan penyinaran kanker menggunakan radiasi. Untuk penyinaran bagian luar,  RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah memiliki alat canggih yaitu Linear Accelerator (LINAC) yang telah terupgrade dan Brakiterapy untuk penyinaran bagian dalam. Dengan adanya Instalasi Kanker Terpadu pasien hanya perlu berobat di satu gedung dari awal hingga akhir dan tidak perlu kemana – mana.

Image title

Image title










Alat Canggih Radiotherapy RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau :
(kiri) LINAC dan (kanan)Brakiterapy.

Dibidang pelayanan Jantung, saat ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah memiliki dokter spesialis bedah jantung, dokter spesialis jantung, dan perawat yang telah terlatih dalam penanganan jantung yang tegabung dalam Tim bedah jantung  RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Dengan bekerja sama dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, tim ini telah berhasil melakukan lebih dari 50 kali operasi bypass pada pasien penderita jantung koroner yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Pengembangan kedepannya, RSUD Arifin Achmad Provinsi  Riau tengah merenovasi gedung IGD menjadi Gedung Pelayanan Kanker Terpadu. Sama sepertinya Gedung Seruni, nantinya diharapkan dapat mempermudah penanganan pada pasien jantung dalam 1 gedung dari awal hingga akhir.

Image title

Gedung IGD RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau tengah direnovasi
untuk dijadikan Gedung Pusat Jantung Terpadu.

Direktur juga menambahkan untuk mempermudah dan mempercepat pasien dalam melakukan pendaftaran, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau juga telah mengembangkan innovasi dibiang IT yaitu MIRAI dan Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM). Mirai adalah sebuah Aplikasi pendaftaran berbasis Android yang memudahkan pasien yang telah terdata di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau (memiliki nomor Rekam Medis) untuk mendaftar secara online 1 hari sebelum hari kunjungan. Aplikasi Mirai saat ini dapat langsung digunakan setelah didownload melalui playstore menggunakan smartphone. Sedangkan dengan APM adalah sebuah alat berbentuk mesin ATM dapat memudahkan pasien yang telah terdata (memiliki nomor Rekam Medis) di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau untuk mendaftar dan memperoleh Surat Jaminan Pelayanan (SJP) tak kurang dari 2 menit. Saat ini, APM telah tersebar di beberapa titik di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu di Lobby Gedung Utama,  Gedung Seruni, dan diruang tunggu pendaftaran Rekam Medis.

Image title

Image title









Innovasi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau di bidang IT : (kiri) APM, (kanan) Aplikasi MIRAI

Terakhir Direktur menyampaikan bahwa RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau akan terus berkembang dan berinnovasi dalam rangka memenuhi dan mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan budaya kinerja yaitu Menata hati menggapai mimpi dan budaya pelayanan layani pasien bagaikan ibu, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.