close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

PIT STOP HAND OVER, INOVASI PUBLIK PERMUDAH PROSES TRANSFER PASIEN DI RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5236
Senin, 11 Mei 2020

 PIT STOP HAND OVER DI RUANG PERAWATAN RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

Saat ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah mempunyai sebuah inovasi publik dalam melakukan proses transfer pasien menuju ruang perawatan yang disebut PIT STOP HAND OVER.PIT STOP HAND OVER ini merupakan sebuah tempat yang disediakan di setiap ruang perawatan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang berfungsi sebagai tempat serah terima pasien sebelum pasien tersebut memasuki kamar perawatan.

Saat melakukan serah terima pasien di PIT STOP, Petugas Ruangan akan kembali melakukan pengecheckan identitas dan kelengkapan administrasi untuk memastikan bahwa pasien tersebut benar. Hal ini juga dilakukan untuk memastikan tindakan – tindakan apa yang akan diberikan kepada pasien pada saat menjalani masa perawatan kedepan.

Kemudian, Kepada pasien atau ke keluarga pasien akan diberi informasi – informasi penting tentang pasien seperti kondisi terkini pasien, siapa dokter dan perawat penanggung jawabnya, tindakan – tindakan medis yang akan dijalani kedepannya, obat – obatan yang akan diberikan nantinya hingga estimasi lama waktu perawatan yang akan di jalani nantinya.

Selain informasi penting, pasien dan keluarga pasien juga akan diberikan sejumlah edukasi tentang seputar penyakit yang diderita pasien, tentang hak dan kewajiban pasien, peraturan rumah sakit, sasaran keselamatan pasien, cara mencuci tangan dengan benar dan hal – hal terkait lainnya.

Dengan adanya PIT STOP HAND OVER ini maka dapat dipastikan proses transfer pasien dapat berjalan dengan baik dan lancar. Keluarga pasien pun mendapat kejelasan, pemahaman dan wawasan sehingga potensi terjadinya kesalahpahaman dan hal – hal yang tidak diinginkan kedepann dapat dihindari.