close× Telp +62 761 45505
close×

Produk UMKM Kearifan Lokal Diharapkan Dapat Masuk Pasar Modern

Jum'at, 22 Jan 2021 | 91 kali dilihat

PEKANBARU - Kepala Dinas (Kadis) Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPK UKM) Provinsi Riau, Asrizal mengungpkan harapannya agar produk UMKM kearifan lokal bisa masuk dalam pasar modern.

Asrizal menerangkan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Puan Aspekraf Riau dan didukung oleh Dinas Pariwisata Riau dalam rangka menciptakan peluang pasar bagi produk UMKM di Riau sehingga bisa naik kelas.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan kata sambutan sekaligus mendampingi Plh Sekda Riau Masrul Kasmy dalam peresmian gerai UMKM Riau Puan Asosiasi Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Fashion (Aspekraf), di Lantai II Mall SKA Pekanbaru, Kamis (21/1/2021).

"Alhamdulillah ini sudah berjalan, ini langkah awal kita ciptakan tempat pemasaran bagi produk UMKM," ujarnya.

Asrizal menyebutkan, saat ini UMKM dihadapkan pada tiga masalah mendasar yaitu kuantitas produk dimana jumlah produk dihasilkan sesuai dengan bangsa pasar, kualitas berkaitan dengan mutu dan kontinuitasnya.

Menurutnya, apabila memenuhi tiga hal tersebut, maka UMKM akan dihadapkan dengan dua masalah lain, yakni branding dan pemasaran.

"Dalam hal ini, pemasaran produk kita melalui tiga pasar, modern, tradisional dan pasar online," tuturnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, pihaknya juga akan terus berupaya mendukung UMKM di Riau dan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan UMKM dan kearifan lokal Riau. 

"Kita terus mengharapkan dukungan dari berbagai pihak terhadap kegiatan promosi produk ini," katanya. (MCR/IP)