close× Telp +62 761 45505
close×

Melalui Proses Sayembara Profesional Dan Independen, Inilah Logo Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau

Selasa, 13 Jul 2021 | 286 kali dilihat

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau resmi meluncurkan logo Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau. Logo ini adalah hasil karya kreatif melalui proses sayembara yang telah berlangsung pada tanggal 2-9 Juli 2021 lalu. 

Juru Bicara Gubernur Riau, Raja Hendra Saputra menyebutkan, bahwa dewan juri telah menyeleksi 111 logo yang masuk dengan indikator seleksi administrasi, kepiawaian dalam menuangkan tema dan tagline Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau dalam bentuk visual. 

"Dewan juri juga menyeleksi ketelitian dalam melihat ketentuan sayembara, ketepatan waktu pengiriman, keseriusan, kelihaian dalam mendeskripsikan logo berupa makna dan tujuan visual. Serta seleksi akhir yang ketat oleh juri independen yang paham akan visual," kata Hendra, melalui keterangan resmi, Selasa (13/7/2021). 

Hendra mengungkapkan, adapun sejumlah juri yang terlibat adalah, Gubernur Riau H Syamsuar, MSi, Datuk Febrila Arifpraja yang merupakan Penyelaras Bidang Ekraf Lembaga Adat Melayu (LAMR) Riau, dan Dhani Pratama, seorang ilustrator dari Riau, telah menetapkan pemenang sayembara logo tersebut.

"Gubernur Riau, Bapak Syamsuar, sangat mengapresiasi karya-karya yang dikirim oleh peserta. Walaupun peserta terbatas hanya diikuti masyarakat Riau saja, namun secara kualitas karyanya tak perlu diragukan lagi.Ini membuktikan daya saing anak-anak di Riau tak perlu diragukan lagi," ujarnya. 

Sementara itu, Penyelaras Bidang Ekraf LAMR Riau, Datuk Febri mengatakan bahwa hampir seluruh peserta yang mengikuti sayembara ini mampu menggali dan menerjemahkan muatan lokal dalam karya-karya mereka disamping menciptakan keunikan atau kekhasan masing-masing. 

"Seluruh logo yang telah terkurasi, memiliki kualitas yang bernas. Bahkan hampir tiap-tiap logo memiliki nilai kekhasan yang tidak bisa diabaikan. Hampir seluruh peserta mampu menerjemahkan muatan lokal dan kebudayaan pada karya mereka tanpa mengorbankan estetika dan kreatifitas," papar Datuk Febri.

Ia menjelaskan, dari 111 karya logo telah dikirim ke panitia hanya dalam kurun waktu penerimaan karya satu pekan, dari tanggal 2 hingga ditutup tanggal 9 Juli 2021 pukul 00.00 WIB. 

"Ini menunjukkan antusiasme para kreator dan desainer Riau dalam memberikan karya terbaiknya untuk daerah ini, katanya. 

Setelah melakukan penilaian, maka akhirnya juri memutuskan bahwa logo terpilih pada Sayembara Logo Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau adalah atas nama Rona Rizka, warga Sidomulyo Timur, Pekanbaru.

Logo tersebut terinspirasi dari tanjak melayu sebagai penutup kepala khas negeri ini yang menyimbolkan kewibawaan. Selain itu juga memuat unsur daun yang melambangkan pertumbuhan. Perpaduan desain logonya membentuk angka 64, yang merupakan usia Provinsi Riau tahun 2021 ini.

Menurut Dhani Pratama yang lebih dikenal dengan karyanya pada akun @dhanypramata menyebutkan hasil penilaian yang dilakukan oleh dewan juri telah melalui penilaian yang independen. Kemudian, karya yang dipilih sebagai pemenang pun telah disepakati kualitasnya.

"Untuk logo yang terpilih saya pikir itu merupakan yang terbaik, melalui proses penilaian yang subjektif dan independen, alhamdulillah semua juri satu suara. Kita butuh konten visual yang fresh, yang menyesuaikan dengan zaman, tanpa menghilangkan unsur-unsur budaya lokal," urainya usai melakukan penilaian.

Selanjutnya, logo terpilih pada sayembara logo kali ini akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 8 juta rupiah. Selain itu, 7 nominator juga akan mendapat uang pembinaan masing-masing sebesar 1 juta rupiah.

Lebih lanjut, Dhani menyampaikan apresiasinya terhadap Pemprov Riau yang menyelenggarakan sayembara logo ini. Menurutnya ini adalah gebrakan baru dan penghargaan dari pemerintah kepada pelaku kreatif di daerah ini.

Sebagai pelaku visual di Riau, jujur ia sangat memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Riau yang sudah berkenan menyelenggarakan sayembara lomba logo tersebut

"Ini merupakan gebrakan baru dan bentuk penghargaan kepada para pelaku kreatif di Riau. Sekaligus ajang pembuktian bahwa di Riau ini banyak anak-anak muda yang karyanya bagus-bagus,  tak kalah dari luar. Semoga iven ini bisa berlanjut kedepannya," ucapnya.

Pelaksanaan sayembara logo hari jadi ke-64 Provinsi Riau ini merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau yang jatuh pada tanggal 9 Agustus mendatang. Menurut Sutawijaya selaku Ketua Tim Sayembara Logo, kegiatan ini adalah permintaan langsung Gubernur Riau, sekaligus menjaring anak-anak muda kreatif di daerah ini.

Dijelaskan Sutawijaya, bahwa pemilihan logo hari jadi ke- 64 Provinsi Riau ini dilaksanakan secara sayembara atas permintaan Gubernur Riau, sekaligus menjaring anak-anak muda kreatif yang ada di Provinsi Riau, agar terpacu bersaing dalam hal kreatifitas.

"Dalam penjurian juga kami ambil secara independen dan profesional, dari unsur visual kami ambil, dari LAM sebagai unsur budaya juga kami libatkan. Agar logo yang terpilih benar-benar terbaik dari yang terbaik," tandasnya.

Logo Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau terinspirasi dari bentuk Tanjak yang mana menyimbolkan kewibawaan, kekuasaan, dan kekuatan. Tanjak merupakan kain yang dililitkan pada bagian kepala dan menjadi ikon masyarakat melayu khususnya di provinsi Riau.

Bentuk Pucuk Daun mewakili perubahan, perkembangan dan pertumbuhan. Dipadu dengan warna Merah yang mewakili kekuatan, keberanian dan dominasi, warna kuning mewakili energi serta kedaulatan, sedangkan warna Hijau mewakili dari kesuburan dan kesejahteraan.

Logo Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau memiliki simbol arti dari semangat masyarakat Riau dalam menjalani kehidupan yang dinami turut serta dalam mengembangkan potensi SDM dan SDA yang ada dengan arif dan bijaksana guna bersaing dalam perkembangan daerah yang mengarah ke modern dan selalu berpegang teguh pada nilai dan norma yang berlaku.

Logo Hari Jadi ke-64 Provinsi Riau ini, bisa diunduh atau download melalui situs web resmi Pemerintah Provinsi Riau yaitu: www.riau.go.id 

MC Riau