close× Telp +62 761 45505
close×

Pertumbuhan Penduduk Pekanbaru 7 Persen Setahun

Rabu, 15 Apr 2015 | 14469 kali dilihat

PEKANBARU: Pertumbuhan jumlah penduduk kota Pekanbaru termasuk terbesar di Indonesia. Berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbart setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah penduduk sebesar 7 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru, Baharuddin, Rabu (15/4) mengatakan tingginya pertambahan penduduk kota Pekanbaru ini bukan disebabkan tingginya angka kelahiran, tapi karena disebabkan banyaknya mendatang masuk ke kota ini.

Dia mengatakan pesatnya pembangunan yang terjadi di Pekanbaru akhir-akhir ini telah menyebabkan banyak orang berkeinginan untuk mengadukan nasibnya ke kota ini. Merekapun datang untuk mencari kerja dan menetap di Pekanbaru.

Dia menyebutkan pertambahan penduduk sebesar 7 persen itu tidak termasuk dari para pendatang yang datang ke kota ini tanpa melapor pindah dari kota asalnya. "Jumlah pendatang tidak tidak melapor itu cukup banyak juga," ujarnya.

Karena itu dia minta kepada warga pendatang yang menetap di kota ini untuk segera melaporkan kepindahannya, sekurang-kurangnya ke RT/RW, dan lurah setempat. Jangan saat membutuhkan surat-surat saja baru melapor.

Diungkapkannya, untuk saat ini jumlah penduduk Pekanbaru Pekanbaru tercatat sebanyak 1,1 juta jiwa. Padahal di tahun 2013 lalu hanya tercatat sebanyak 975.304 jiwa, dan tahun 2014 menjadi 1.0546.916 jiwa.(rgi/ad)