close× Telp +62 761 45505
close×

Universitas Riau Jadi Tuan Rumah ICoSE 2015

Senin, 28 Sep 2015 | 1752 kali dilihat

PEKANBARU: Bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru, Senin (28/9), Universitas Riau (UR) selenggarakan International Conference on Science and Engineering (ICoSE). Konferensi Ilmu Pengetahuan dan Teknik untuk Instrumentasi, Lingkungan dan Energi Terbarukan ini merupakan konferensi pertama yang dilaksanakan oleh UR.

Sebagaimana rilis yang diterima media ini, Konferensi yang berskala internasional ini mengambil tema  "Science and Engineering untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Memastikan Masa Depan Lebih Baik".

Hadir dalam konferensi ini para peneliti terkemuka dan ilmuwan dari berbagai negara dan provinsi untuk saling bertukar pikiran mengenai inovasi dalam sistem pengukuran, aplikasi medis, perbaikan instrumentasi untuk analisis lingkungan serta topik yang dipilih dalam energi terbarukan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Dr Ing Lazuardi Umar, disela-sela acara. "Pada konferensi ini, kita menghadirkan para peneliti dari manca negara yang akan saling bertukar pikiran dalam kegiatan ini. Dengan demikian, kita berharap kedepannya dapat meningkatkan kualitas hidup dan memastikan masa depan yang lebih baik," harapnya.

Lanjut Lazwardi, beberapa pakar yang hadir sebagai keynote speaker diantaranya Prof Dr Mohamad Deraman dari School of Applied Physics FST Universiti Kebangsaan Malaysia dan Dr Ing Joachim Wiest cellasys GmbH Technische Universitaet Muenchen German. Rencananya, ada dua keynote speaker lagi yang didatangkan dalam kegiatan ini.

Mereka adalah Prof Dr Andrivo Rusydi NUSNNI-NanoCore National University of Singapore dan Prof Dr Osamu Kozan Center for Southeast Asian Studies Kyoto University Japan. Namun karena kondisi Privinsi Riau yang masih diselimuti kabut asap dan tidak ada penerbangan, maka kedua narasumber ini batal hadir dalam konferensi ini.

Konferensi ini rencananya dibuka langsung oleh Rektor UR Prof Dr Ir Aras Muluadi DEA, namun karena berhalangan, kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Dr Hilwan Yuda Yeruna MSi. Dalam sambutannya, Hilwan berharap semoga berbagai temuan bisa disampaikan dalam pertemuan ini.

"Dengan konferensi ini, semoga terjadi pertukaran pemikiran mengenai inovasi, para peneliti bisa saling berinteraksi, tukar menukar gagasan dan ide, sehingga lahir beberapa program penelitian yang sesuai dengan kondisi trend dunia saat in," jelas Hilwan.(rgi/mad)