close× Telp +62 761 45505
close×

Selama Kabut Asap, Pengunjung Perpustakaan Melonjak 100 Persen

Rabu, 30 Sep 2015 | 1399 kali dilihat

PEKANBARU: Selama musim kabut asap ini jumlah pengunjung perpustakaan Soeman HS Pekanbaru mengalami lonjakan yang cukup besar. Bahkan lonjakan yang terjadi mencapai 100 persen atau dua kali lipat dibandingkan hari normal.

Kepala Badan perpustakaan dan Arsip Daerah Riau, Yoserizal Zein dalam keterangannya Rabu (30/9) di Pekanbaru mengatakan jika biasanya jumlah pengunjung antara 500-600 orang, namun selama kabut asap menjadi 1.000 orang.

Dikatakannya, jumlah pengunjung paling banyak terjadi pada saat anak-anak diliburkan akibat kabut asap. Anak-anak tersebut datang ke perpustakaan untuk menghindari kabut asap sekaligus berlajar.

"Sebab gedung perpustakaan ini dilengkapi pendingin udara yang dapat menahan asap agar tidak masuk ke dalamnya dan menjaga udara tetap sejuk. Selain itu disini juga tersedia koleksi buku yang cukup banyak," ujarnya.

Menurut Yoserizal, di Perpustakaan Seoman Hs tersebut sebanyak 57.855 judul buku ddengan jumlah koleksi sebanyak 329.894 eksemplar. Buku-buku itu menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan anak-anak sekolah.

Karena itu dia mengimbau para pihak sekolah, guru-guru maupun orangtua untuk membawa anak-anaknya ke perpustakaan guna menambah jam pelaharan dengan belajar secara perorangan maupun kelompok.(rgi/ad)