close× Telp +62 761 45505
close×

Disdikbud Riau Gelar Diskusi Publik Tersebab Asap

Kamis, 01 Okt 2015 | 1399 kali dilihat

PEKANBARU: Kondisi kabut asap yang terjadi diwilayah Provinsi Riau saat ini bukan merupakan asap akibat dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau.Karena berdasarkan data dari BMKG sejak beberapa hari lalu, hot spot di Provinsi Riau selalu zero atau nol.

Asap yang terjadi di wilayah Riau merupakan asap kiriman dari Sumatera Selatan.Hal itu terungkap dalam diskusi publik tersebab asap yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau bekerjasama dengan harian Riau Pos, Kamis (1/10).

"Karhutla yang terjadi di Sumatera Selatan itu terjadi didaerah selatan, dan arah angin saat ini juga menuju arah selatan, karena itulah asap sampai ke Riau," jelas Sugarin, dari BMKG Riau memaparkan saat acara diskusi.

Kondisi ini menurut Sugarin akan berlangsung lama, karena dari pantaun arah angin menuju selatan itu akan berlangsung hingga November mendatang.

Sementara perwakilan dari BPBD Riau menyebut, meski saat ini Riau zero hot spot, namun petugas dari berbagai pihak, terus berada dilokasi-lokasi rawan Karhutla.Dialog publik ini menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai pihak, seperti dari pihak kesehatan, BMKG, BPBD, praktisi pendidikan, dan lainnya. (rgi/mad)