close× Telp +62 761 45505
close×

Penderita Akibat Asap Di Pekanbaru Terus Bertambah

Senin, 05 Okt 2015 | 1256 kali dilihat


PEKANBARU: Jumlah penderita akbat terpapar asap di kota Pekanbaru terus meningkat. Bahkan saat ini jumlahnya sudah menembus 10.635 orang yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Pekanbaru.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, diketahui infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) merupakan penyakit terbanyak diderita warga Pekanbaru dengan junmlah penderita sebanyak 9.336 orang.

Sedangkan penyakit jenis lainnya yang menyerang warga Pekanbaru antara lain asma sebanyak 280 orang, pnemonia 108 orang, iritasi mata 201 orang, iritasi kulit 358 orang dan diare sebanyak 325 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Helda S Munir, kepada wartawan Senin (5/10) mengungkapkan data penderta akibat asap ini dihimpun sejak bulan Juni hingga 4 Oktober lalu dari 20 puskesmas di Pekanbaru.

Dia berharap masyarakat bisa terus menjaga kesehatannya selama musim asap ini dengan cara menggunakan masker saat berada di luar ruangan. "Masker ini sangat penting untuk mencegah agar partikel asap tidak terhirup ke paru-paru," ujarnya.

Diingatkannya juga, bagi masyarakat yang mulai merasa terkena penyakit dampak asap untuk segera mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan pengobatan, sehingga dapat segera disembuhkan.(rgi/ad)