close× Telp +62 761 45505
close×

Disdik Dumai Persiapkan 3.936 Guru Ikuti UKG

Kamis, 15 Okt 2015 | 4014 kali dilihat

DUMAI: Dinas Pendidikan Kota Dumai Riau menyatakan sebanyak 3.936 tenaga guru pengajar di daerah ini dipersiapkan untuk mengikuti ujian kompetensi guru yang dijadwalkan November 2015 mendatang.

Kepala Bidang Managemen Pendidikan Menengah Disdik Dumai Misdiono mengatakan, sebelum mengikuti UKG tersebut, terlebih dahulu dilakukan tahap verifikasi peserta yang dilakukan oleh tim Kemendiknas RI.

"Sejauh ini sudah 46 persen dari 3.936 guru yang diverifikasi untuk mengikuti ujian kompetensi," katanya, Kamis.

Dia menjelaskan, dalam rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan pihak terkait, pelaksanaan UKG di Dumai sudah ditetapkan di delapan tempat ujian kompetensi dengan memakai ruang belajar di sejumlah sekolah.

UKG bertujuan untuk pemetaan dan pembinaan guru ini, lanjut dia, terus dipersiapkan sebaik mungkin dan matang agar terlaksana dengan lancar dan kondusif.Jumlah tenaga pendidik yang dipersiapkan menjalani UKG ini, diantaranya, tingkat kanak kanak 347 orang, sekolah dasar 1.978, menengah pertama 774, menengah atas 406, menengah kejuruan 374, sekolah luar biasa 36 dan pengawas 21 guru.

"Persiapan ujian kompetensi terus kita lakukan supaya terlaksana dengan baik lancar dan tidak ada kendala," ujarnya.

Dia mengakui dari ribuan guru Dumai yang harus menjalani UKG ini dan menerima dana sertifikasi tiap bulannya, hanya separuh yang memiliki tingkat kemampuan baik.

Karena itu dia berharap guru peserta UKG nantinya dapat melaksanakan tes kemampuan ini dengan baik dan maksimal supaya bisa meningkatkan kompetensi."Dana sertifikasi untuk guru PNS sesuai gaji pokok, sedangkan non PNS tergantung kepemilikan sertifikat penyesuaian dari Kemendikbud," terangnya.

Pemerintah Indonesia berencana menguji kompetensi seluruh guru akhir November 2015 bertujuan sebagai pemetaan terhadap kompetensi yang dimiliki guru. (rgi/ar)