close× Telp +62 761 45505
close×

Noviwaldy: Seharusnya Penanganan Asap Seperti Tsunami Aceh

Jum'at, 23 Okt 2015 | 1556 kali dilihat

PEKANBARU: Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwady Jusman desak Pemerintah Indonesia untuk menetapkan status Kabut Asap yang terjadi saat ini jadi Bencana Nasional.  Sehingga penanganan akan optimal seperti bencana Tsunami Aceh yang dibantu oleh seluruh negara.

"Persyaratan sudah terpenuhi untuk status Nasional itu, karena sudah menimpa seluruh Indonesia.  Kita seharusnya berkaca pada kejadian di Aceh.  Dengan melibatkan seluruh Negara, penangan cepat diatasi.   Kita mengakui Tim sudah belerja optimal, tapi karena keterbatasan peralatan dan sebagainya belum mampu diatasi", jeladnya.

Lebih jauh disampaikan Deded (nama akrabnya, red), kalau memang Negara Gengsi atau menyangkut masalah harga diri, seharusnya serius dalam penanganan.  Ini kejadian sudah berlarut-larut kurun waktu tiga bulan belakangan.  Bahkan dalam kondisi index udara tidak sehat dan berbahaya.

"Mau diapakan Enam Juta Msyarakat Riau, perekonomian terganggu, bandara lumpuh, sekolah libur.  Masa iya dibiarkan masyarkat berguguran satu persatu.  Disamping itu otak masyarakat dimasuki asap, dlam waktu jangka panjang akan berdampak buruk", sebutnya sembari minta hilangkan rasa gengsi demi msyarakat.(rgi/ch)