close× Telp +62 761 45505
close×

Putri IGT Pukau Pembukaan Gebyar Dan Lomba Keterampilan PKLP

Sabtu, 24 Okt 2015 | 1614 kali dilihat

PEKANBARU: Agenda pembukaan acara Gebyar dan Lomba Keterampilan Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) yang diadakan Bidang Pendidikan Khusus Pendidikan Layanan Khusus (PK PLK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau, Jumat 23 Oktober 2015 malam mendapat antusias dari pengunjung Mall Pekanbaru.

Antusias pengunjung bertambah ketika Putri yang merupakan juara Indonesias Got Talent tampil. Putri yang juga merupakan anak berkebutuhan khusus mampu memukau pengunjung dengan lantunan lagunya.

Disamping penampilan Putri, pengunjung juga disuguhkan dengan ragam keterampilan seni anak-anak berkebutuhan khusus lainnya yang tak kalah menarik perhatian pengunjung.

"Ternyata anak-anak berkebutuhan khusus ini juga mampu menunjukkan kemampuannya, dibalik kekurangan mereka, mereka juga memiliki kelebihan," kata Dodi salah seorang pengunjung.

Kepala Bidang PKPLK Disdikbud Riau, Sri Petri Hariyati dalam sambutanya saat membuka acara mewakili kepala Disdikbud Riau Dr H Kamsol mengatakan, anaka-anak berkebutuhan khusus tidak seharusnya dikucilkan, terlebih oleh keluarga mereka sendiri.

"Tak sedikit para orang tua yang tidak begitu memperhatikan anak-anaknya ketika memiliki kekurangan, padahal mereka sangat membutuhkan perhatian lebih. Karena mereka juga memiliki kelebihan," kata Petri Jumat 23 Oktober 2015 malam, di Mall Pekanbaru.

Petri menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberi perhatian khusus bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini di Provinsi Riau, seperti pada anak-anak Autis, dengan menyediakan Pusat Layanan Autis di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Saat ini PLA tersebut sudah melaksanakan aktifitas, anak-anak autis telah diberi pembelajaran dan pengarahan sesuai dengan kelebihan mereka, karena masing-masing anak autis itu memiliki kelebihan yang jika terus diasah, akan mampu mengukir prestasi," kata Petri.

Sementara Ketua panitia acara Dsmrus menjelaskan, dalam pelaksanaan gebyar dan lomba keterampilan PK LK ini, juga diadakan pamrean hasil karya peserta didik PK LK, yang ditampilkan dalam 20 stand pameran.

"Kegiatan ini diikuti oleh SLB se Provinsi Riau kecuali Kabupaten Kuantan Singgi. Kegaiatan ini selain untuk mendapatkan utusan Provinsi Riau yang akan berlomba ditingkat nasional, juga merupakan bagian dari upaya kita memperlihatkan kepada masyarakat, kalau anak-anak berkebutuhan khusus ini memiliki kelebihan dan keterampilan yang patut dibanggakan," ujarnya.

Untuk Lomba yang diadakan dalam kegiatan ini dijelaskan Damrus adalah lomba SLB berprestasi dalam pembinaan keterampilan, lomba penampilan stand, lomba keterampilan hantaran, lomba keterampilan tata boga, lomba keterampilan menjahit dan lomba melukis.

"Setiap harinya selama kegiatan pameran, pengunjung akan juga disuguhi penampilan acara hiburan seperti nyanyi, tari, baca puisi dan acara seni lainnya. Kegiatan ini akan disis oleh anak-anak berkebutuhan khusus dan anak-anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CIBI)," pungkasnya.(rgi/mad)