close× Telp +62 761 45505
close×

Santri Pelalawan Akan Wakili Riau Ikuti Pospenas

Senin, 02 Nov 2015 | 2673 kali dilihat

PELALAWAN: Torehan prestasi gemilang kembali diukir putra dan putri terbaik asal kabupaten Pelalawan. Kali ini, para pelajar dari Negeri Amanah ini, berhasil meraih 3 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Pesantren Daerah (Pospeda) tingkat Provinsi Riau yang berlangsung sejak 25 hingga 30 Oktober lalu.

Dan atas prestasi tersebut, maka kabupaten Pelalawan menduduki posisi 4 se Propinsi Riau.Informasi ini dibeberkan Kepala Kantor Kemenag kabupaten Pelalawan H Zulkifli melalui Kasi Pendis Kemenag Pelalawan DR H Edi Iskandar SAg MPd,  Minggu (1/11/2015) di Pangkalan Kerinci.

Katanya, dua dari tiga medali emas tersebut berhasil diraih oleh santri Pondok Pesantren (Ponpes) Yayasan Hidayatul Maarifiah Pangkalan Kerinci bernama Tiosi pada cabang atletik lari nomor 100 dan 200 meter. Sedangkan satu emas lagi disumbangkan oleh santri Ponpes Al Muslimun Bandar Seikijang bernama Candra Laksamana pada cabang Pencak silat.

" Dan untuk medali perak, diraih oleh santri Ponpes Yayasan Hidayatul Maarifiah Pangkalan Kerinci bernama M Hafidpada cabang badminton. Dan atas torehan medali ini, maka para santri asal kabupaten Pelalawan ini akan mewakili Propinsi Riau untuk mengikuti pelaksanaan Pospenas di Propinsi Banten pada tahun 2016 mendatang," ujarnya seraya menyebutkan pada pelaksanaan Pospeda tingkat Provinsi Riau yang ditaja Dinas Budaya Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Riau, Pelalawan mengutus sebanyak 64 peserta dan 12 official.

Hanya saja, sambung Edi Iskandar yang juga menjabat sebagai Ketua MDI Pelalawan ini, torehan prestasi ini tidak dukung ada adanya bantuan anggaran dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Disbudparpora Pelalawan.

Pasalnya, sejak keberangkatan hingga kepulangan para santri dalam Pospeda Riau, pihaknya hanya dibantu oleh salah seorang anggota DPRD Kabupaten Pelalawan H Abdullah yakni operasional pemakaian bus Sekwan DPRD Pelalawan.

" Ya, sejak para santri kita berangkat untuk bertarung dalam kompetisi Pospeda Riau, kita terkendala oleh anggaran. Sehingga dengan kendala ini, cukup mengganggu para santri kita untuk meraih prestasi maksimal. Terlebih lagi jika nantinya berlomba di tingkat nasional, tentunya para santri kita sangat membutuhkan sokongan dana dari Pemkab Pelalawan melalui instansi terkait. Untuk itu, kita berharap Pemkab Pelalawan dapat memberikan sokongan dana kepada para santri berprastasi di Negeri Amanah ini, untuk kembali mengharumkan nama kabupaten Pelalawan di kancah Nasional nantinya," tuturnya.(rgi/Iin)