close× Telp +62 761 45505
close×

Anggaran Pedidikan Riau Sudah 20%, Tapi Termasuk Infrastruktur

Rabu, 25 Nov 2015 | 1516 kali dilihat

PEKANBARU: Anggaran pendidikan Provinsi Riau di tahun 2016 mendatang sudah memenuhi ketentuan yaitu mencapai 20% dari total APBD.  Hanya  saja anggarannya masih lebih besar untuk kegiatan infrastruktur pendidikan dari pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam peningkatan  kualitas pendidikan.

Hal ini diakui oleh Wakil Ketua Komisi E DPRD Riau yang membidangi masalah pendidikan, Markarius Anwar saat dikonfirmasi mengrenai penganggaran pendidikan di tahun 2016 mendatang.  "Memang sudah tercapai 20%, tapi ini sudah termasuk infrastruktur sekolah seperti jalan masuk ke seklah, BOS, gaji dan lainnya", jelasya sembari mengakui lupa berapa besaran anggaran yang dimaksud.

Dikatakan juga oleh Politisi PKS ini, maunya porsi untuk pendidikan itu lebih besar atau untuk peningkatan SDM ditambah apakah yang mencakup kegiatan peningkatan kualitas pengajar atau anak didik.  "Apakah dengan menambah pelatihan para  pengajar atau jenjang pendidikannya.  Begitu juga prasarana penunjang anak murid dalam belajar", tambahnya.

Diakui juga, memang masalah infrastruktur pendidikan masih perlu perhatian juga yang ditandai dengan bayaknya sekolah yang perlu di renovasi bahkan ditambah di beberapa Kabupaten/Kota.  Namun masalah kulitas pendidikanmasih ditentukan oleh para pengajar atau guru-guru.  "Peningkatan SDM, kesejahteraan pengajar sangat perlu diperhatikan dalam peningkatan kualitas pendidikan", tutupnya. (rgi/ch)