close× Telp +62 761 45505
close×

Ribuan Pelajar Kampar Peringati Hari Guru

Kamis, 26 Nov 2015 | 1565 kali dilihat

KAMPAR - Sekitar 6.000 pelajar terdiri dari siswa/i berbagai Sekolah Dasar (SD) hingga SMA serta para pengajar di Kecamatan Salo, Kabupaten Kamar, Riau, memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dengan berbagai kegiatan salah satunya gerak jalan sehat.

Pelepasan gerak jalan dilaksanakan di Halaman Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Salo oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Nasrul yang mewakili Bupati Kampar pada Selasa (24/11).

 Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Salo Bustamam dalam pengarahannya mengatakab, rangkaian tersebut dilaksanakan  selama 2 pekan yang meliputi kegiatan pertandingan bola voli putera dan puteri, tarik tambang antar guru dan pertandingan tradisional lainnya.

"Sementara gerak jalan sehat yang  diikuti lebih kurang sebanyak 6.000 ribu orang peserta  dari murid sekolah SD, SLTP dan SMA serta majlis guru  se Kecamatan Salo menjadi pembuka kegiatan," katanya.

Dengan peringatan yang bertema; "Memantapkan Soliditas dan Solidiritas PGRI Sebagai Organisasi Profesi Guru yang Kuat dan Bermartabat", semua pihak harus berupaya menegembalikan semangat pendidikan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan-pahlawan dalam memajukan pendidikan di Indonesia pada zaman penjajahan.

"Melalui bebeapa kegiatan yang diadakan di Salo, setidaknya dapat membalik lagi sejarah pejuang dalam menjadikan pendidikan seperti sekarang ini," kata Bustamam lagi.

Ketua Panitia Taharudin mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk semangat guru, dari berbagai agenda dan kegiatan tersebut dilanjutkan puncak peringatan dengan upacara di lapangan Kantor Camat Salo.

"Pada kegiatan gerak jalan sehat ini panitia menyediakan dorprize berupa sepeda, mesin cuci, kipas angin, dispenser, alat-alat sekolah dan banyak hadiah lagi yang disediakan bagi perserta," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Nasrul mewakili Bupati Kampar dalam sambutan mengatakan bahwa peringatan ini merupakan wujud dari perjuangan dimasa kini dalam meningkatkan kualitas pendidikan lebih baik.

"Ikutilah kegiatan ini dengan tertib, penuh semangat, dapat membawa kekompakan dan silaturrahmi," kata Nasrul sekaligus melepas secara resmi gerak jalan sehat yang melwati rute sejauh lebih kurang 3 kilometer tersebut.(rgi/hrd)