close× Telp +62 761 45505
close×

Disnak Kuansing Terus Benahi Pasar Ternak

Kamis, 26 Nov 2015 | 3308 kali dilihat


TELUK KUANTAN - Pasar ternak kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) yang terdapat di desa Simpang Raya kecamatan Singingi Hilir akan terus dibenahi sarana dan prasarana agar semakin reprsentatif.

Setiap tahun lebih kurang dua ribu ekor lebih terjadi transaksi ternak di pasar tersebut.Hal tersebut dikatakan Kadis Peternakan Kuansing, Marhumala Pontas, Selasa ( 24/11/2015 ) yang kemaren.

" Sekarang sudah dibangun pagar beton untuk pengamanan ternak yang ada didalamnya, pagar dibangun dilahan pasar ternak sekitar 2 hektare tersebut,"ujar Mahumala Pontas.

Kedepan ujarnya, juga akan ditambah berupa fasilitas kandang tempat show ( atau tempat melihat ) hewan ternak yang akan dibeli pembeli dan pedagang. " Sekarang sudah ada kandang tapi jumlahnya sangat sedikit,"ujarnya.

Disamping itu ujarnya juga sudah bangun kantor UPTD Peternakan Singingi dan Singingi Hilir di lokasi pasar ternak tersebut. " Sengaja Kita tempatkan disana untuk dapat mengawasi secara langsung aktifitas transaksi jual beli ternak,"ujarnya.

Seterusnya keberadaan kantor UPTD dan petugas kesehatan hewan ternak ujarnya, juga untuk mengawasi kesehatan hewan ternak  yang keluar masuk pasar ternak agar tidak merugikan konsumen dan pembeli.

Menurut Marhumala Pontas, untuk pendanaan kegiatan ini akan dilakukan melalui dana APBN dan APBD Provinsi. " Selama ini pembenahan juga berasal dari dana APBN dan APBD,"tutupnya.(rgi/us)