close× Telp +62 761 45505
close×

Dinas Sosial Peringati Hari Disabilitas Internasional

Kamis, 03 Des 2015 | 3128 kali dilihat

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Sosial memperingati hari Disabilitas internasional. Hal ini memiliki peran dalam mendukung kemandirian dan kesejahteraan penyandang disabilitas serta sebagai jaminan perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.    

Komitmen itu diutarakan Kepala dinas Sosial Riau Syarifuddin AR di sela-sela acara Kampanye sosial Hari Disabilitas Internasional tahun 2015 di Provinsi Riau, kemarin. ?

"Kita kedatangan tamu dari  Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini Temanggung beserta Tim yang nanti akan memberikan sosialisasi tentang Disabilitas khususnya tuna grahita. Bersempena dengan pelaksanaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2015, Pemerintah melaksanakan Kampanye Sosial khususnya bagi saudara saudara kita penyandang Disabilitas untuk mendapatkan hak-haknya,"tuturnya.    

Menurutnya, peringatan HDI mengandung makna pengakuan eksistensi serta harkat dan martabat penyandang disabilitas. Sekaligus peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk terus berupaya mewujudkan masyarakat inklusi yang bebas hambatan bagi penyandang disabilitas.    

"Momen Hari Disabilitas Internasional ini adalah saat yang tepat untuk merefleksikan kembali makna perubahan dari apa yang telah kita lakukan pada masa lampau. Serta menyiapkan segala kemungkinan menghadapi masa yang akan datang yang penuh dengan tantangan sekaligus harapan untuk maju," imbuhnya.    

Sementara dalam hal regulasi, Pemerintah Provinsi Riau bersama-sama DPRD telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas. Untuk tindaklanjutnya, dalam waktu dekat akan diterbitkan Peraturan Gubernurnya.    

"Kepada para penyandang disabilitas untuk tidak rendah diri, bersempena dengan Hari Disabilitas Internasional ini mari kita bangkit untuk berkarya. Kekurangan bukanlah suatu hambatan untuk berkarya dan sukses, banyak rekan-rekan kita para difabel yang sukses baik dibidang dunia usaha," terangnya.(rgi/mz)