close× Telp +62 761 45505
close×

Finalis Bujang Dara Riau Kunjungi PT Chevron

Rabu, 16 Des 2015 | 3767 kali dilihat

PEKANBARU: Finalis Bujang Dara Riau 2015 mengunjungi PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) hari ini. 24 finalis diterima oleh General Manager PGPA Sumatra Sainur Arif di ruang pameran Chevron, Display Room di Rumbai.

Ketua rombongan, Yul Akhyar menjelaskan bahwa pemenang Bujang Dara 2015 akan dibina menjadi Duta Pariwisata Riau, dan mewakili Provinsi Riau dalam pemilihan Putra Putri Pariwisata Tingkat Nasional. “Kami mengunjungi Chevron karena hingga saat ini Chevron merupakan penyumbang devisa utama dari Provinsi Riau,” kata Yul.

Kunjungan diawali dengan pemaparan sejarah Chevron di Provinsi Riau, dilanjutkan pemaparan selayang pandang oleh GM PGPA Sumatra. “Selamat datang di PT Chevron Pacific Indonesia, terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk menjadi bagian dari program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Riau” ujar Sainur.

Selanjutnya finalis Bujang Dara mendapatkan penjelasan dari ahli geologi Chevron mengenai asal usul minyak bumi dan eksplporasi produksi, yang disampaikan oleh Hendar, Satia Graha dan Reybi Waren. Mereka bergabung dalam Rumbai Geology Club (RGeoC).

“Presentasi yang disampaikan sangat bermanfaat, dulu saya pikir mencari minyak itu mudah untuk dilakukan, seperti mengambil air di danau, ternyata dibutuhkan tehnologi yang canggih untuk dapat mengeluarkan minyak dari perut bumi,” ujar Dirga Bakti Prawira, Bujang perwakilan dari Kabupaten Kampar.

Sejak seminggu yang lalu hingga besok (16/12), Chevron mengadakan program Chevron Journey yaitu salah satu program edukasi industri minyak dan gas bagi 120 pelajar di sekitar daerah operasi Chevron.

Para siswa diundang ke Chevron di Rumbai untuk mendengarkan penjelasan mengenai sejarah Chevron di Riau, program investasi sosial Chevron di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi serta proses eksplorasi dan produksi minyak bumi.

Mereka juga mendapatkan penjelasan mengenai asal usul minyak bumi, memegang batuan yang mengandung minyak bumi dan dapat melihat langsung bagaimana bentuk asli minyak bumi. Selain kunjungan pelajar di sekitar operasi di Rumbai, kemarin Chevron juga menerima kunjungan mahasiswa dari STMIK Pekanbaru. Besok (16/12) 20 siswa dari SMA Jakarta yang merupakan peserta “Siswa Mengenal Nusantara” juga akan berkunjung ke display room.

Communications Manager Chevron, Tiva Permata menjelaskan program edukasi industri minyak dan gas merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Chevron di sekitar wilayah operasinya.

“Sejak dilaksanakan pada tahun 2014 hingga saat ini, sekitar 5000 pelajar dan mahasiswa di sekitar wilayah operasi mengikuti program ini. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan pelajar dan mahasiswa mengenai operasi Chevron di Riau, industri minyak dan gas, dan keselamatan di sekitar daerah operasi,” pungkas Tiva.(rgi/ad)