close× Telp +62 761 45505
close×

Satu Bulan Acara Mengenang Tenas Effendi

Rabu, 03 Feb 2016 | 1905 kali dilihat

PEKANBARU - Bumi Melayu Lancang Kuning akan menggelar acara yang dilaksanakan selama satu bulan. Ini dilakukan dalam rangka mengenang setahun meninggalnya Budayawan Riau, Tenas Effendi.

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud apresiasi dan kecintaan terhadap sesepuh melayu yang telah banyak berjasa tersebut. Kegiatan akan digelar kegiatan  bertajuk Mengenang Tenas Effendi, mulai tanggal 15 Februari-15 Maret 2016.  

Ketua Dewan Harian Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Al Azhar mengatakan, sejumlah lembaga diundang untuk bekerjasama menyelenggarakan acara mengenai H Tenas Effendi tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendalaman dan penyebaran luaskan warisan Tenas Effendy.

"Akan ada banyak kegiatan, diantara pameran Karya Budaya, Syarahan atau kuliah umum warisan, kolokium bahasa dan pemikiran. Kemudian, malam seni budaya, majelis adat mengenang, kenduri arwah, dialog televisi dan lainnya," urainya.

Ia menerangkan, kegiatan tersebut juga dijadwalkan akan dihadiri oleh budayawan dari negeri tetangga. Sementara untuk pameran karya budaya Tenas Effendi lanjutnya, yaitu pameran karya buku-buku, manuskrip, lukisan, disain. Lalu, foto, rekaman, memorabilia, peta kembara. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Perpustakaan Soeman HS di Jalan Sudirman Pekanbaru, Riau dan kegiatan lainnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah (BPAD) Riau Yoserizal, sangat mengapresiasi dengan kegiatan Bulan Tenas Effendi tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sebagai wujud Masyarakat Riau dalam menghargai karya dan sumbangsih Tenas selama ini.

"Ini sebagai wujud apresiasi, karena warisan budaya kita banyak diklaim oleh orang malaysia. Kita takut nanti hasil-hasil karya Tenas, juga diklaim Malaysia," papar Mantan Kepala Biro Humas Setdaprov Riau itu.(MC Riau/mz)