close× Telp +62 761 45505
close×

Danrem 031/Wb Siap Terjunkan Pasukan Bantu Warga Kebanjiran

Kamis, 11 Feb 2016 | 1550 kali dilihat

PEKANBARU - Musibah banjir yang melanda Provinsi Riau beberapa hari ini, khususnya daerah Kabupaten Kampar, Siak hulu serta Kabupaten Kuantan Singingi, Korem 031/ Wirabima, Siap menerjunkan personelnya untuk membantu warga yang sedang dilanda musibah. 

"Sejak kemaren pasukan sudah turun satu Batalyon dari pasukan 132 dan kita mempunyai satu cadangan batalyon lagi dari Arhanud untuk diterjunkan membantu warga yang sedang di timpa musibah," sebut Brigjend TNI Nurendi M.Si (Han) di damping Dandim 0301/Pekanbaru Letkol Inf M Ilyas, Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru, Muhammad Noer, Rabu (10/2/16) di kantor Walikota Pekanbaru. 

Danrem melanjutkan, pasukan yang disebar diantaranya sudah berada di Kampar dan Air tiris. Sedangkan di Taluk Kuantan, belum diminta oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

"Akan tetapi kita punya Kompi B yang siap untuk turun, tapi dalam hal ini, Koordinator Wilayah (Korwil), Babinsa dengan babin kantibnas beserta masyarakat siap untuk menghadapi hal ini semua," kata Danrem.

Bukan hanya itu saja, lanjut Danrem, Brigade Mobil (Brimob) Polda Riau dan Kopaskhas AU sudah diturunkan ditempat bencana. Begitu juga dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau.

"Tinggal kedepannya harus bagaimana. Saya sudah berbincang dengan Walikota Pekanbaru, serta Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, air yang begitu turun banyak, serta melimpah merupakan anugerah dari Allah SWT. Hanya tinggal manusia yang bisa memanfaatkan atau tidak. Maka dari itu, air yang berlebih harus kita buka jalannya. Jalan iniah dibuka, kemudian dibuat danau untuk menampung kelebihan air," ujar Jendral bintang satu tersebut. 

Danrem melanjutkan, danau itu ditempat yang memang memerlukan air pada saat musim kemarau. Maka dari itu, danau tersebut bisa dijadikan tempat wisata, perikanan, irigasi, dan tempat mengambil air jika terjadi kebakaran hutan. 

"Banyak kegunaan dari danau - danau tersebut. Hal itu sudah diajari sejak jaman dahulu. Jika tidak dibangun, maka setiap tahun akan begini - begini terus. Dan ini harus terencanakan dengan baik," tutupnya. (MC Riau/exa)