close× Telp +62 761 45505
close×

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Riau Melalui Percepatan Akses Keuangan Daerah

Jum'at, 14 Okt 2016 | 1252 kali dilihat

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya mengukuhkan pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Tim Kerja Satgas Waspada Investasi Provinsi Riau.

"Pembentukan TPAKD dan Tim Kerja Satgas Waspada Investasi dimaksudkan untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah. Tujuan utamanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah," ungkap Ketua OJK Provinsi Riau, M Nurdin Subandi di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (13/11/2016).

Setelah pembentukan TPAKD dan Tim Kerja Satgas Waspada Investasi terlaksana, ia pun meminta dukungan dan peran aktif pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman untuk sama-sama meningkatkan ketersediaan akses keuangan yang ada di Riau.

"Peran aktif pemerintah bersama TPAKD dapat memperluas akses masyarakat terhadap jasa keuangan. Seperti halnya, program ketahanan pangan, pengembangan sistem keuangan daerah, pembiayaan kepada UMKM dan ekonomi kreatif serta mengedukasi dan literasi masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, keanggotaan TPAKD Provinsi Riau sendiri terdiri dari 20 perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Perwakilan Bank Indonesia, 8 perwakilan dari asosiasi, dan 3 perwakilan dari akademisi.(MC Riau/rat)