close× Telp +62 761 45505
close×

Gedung Juang Tidak Sekedar Pengenang Sejarah

Rabu, 16 Agu 2017 | 2487 kali dilihat

PEKANBARU - Gedung Juang 45 yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Provinsi Riau menjadi salah satu museum perjuangan yang dimiliki Riau. Sayangnya, bangunan bernilai sejarah itu kini tampak tidak terawat seiring berlalunya zaman.

Kepada Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, perwakilan Veteran, Perintis Kemerdekaan, Purnawirawan, Wredatama, Warakawuri dan Angkatan 45 pun mengajukan permintaan renovasi gedung yang menjadi tempat pengenang perjuangan mereka.

Gubri sendiri mengaku telah menyetujui permintaan tersebut. Hanya saja, pihaknya masih mengurus beberapa prosedur yang harus diselesaikan terlebih dahulu, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan aset daerah.

"Memang orang tua (Veteran, red) kita itu sudah lama mengusulkan. Kita prinsipnya setuju dan kemarin sedang menata aset. Tentu itu perlu waktu supaya pelaksanaannya juga enak," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Selasa (15/8/2017).

Selain itu, Andi juga tengah menghimpun saran dari berbagai pihak terkait konsep renovasi Gedung Juang 45 tesebut. Ia menginginkan, museum perjuangan itu nantinya dapat menjadi salah satu destinasi wisata dan kebudayaan. 

"Bagaimana modelnya nanti akan dibicarakan. Mulai dari renovasi atau apa lah. Yang jelas, Gedung Juang 45 ini bisa  multifungsi. Bukan hanya sejarah saja tapi lebih dari itu, bisa untuk pariwisata dan kebudayaan," tandasnya.(MC Riau/rat)