PEKANBARU - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Riau  mempersiapkan kontingen Riau untuk ikut Pekan Olahraga Pelajar  (Popnas) 2017 telah menggelar training center (TC) atau pemusatan latihan atlet sejak Sabtu (2/9) pekan lalu. Rencananya, pengukuhan kontingen dimajukan dari jadwal awal.

Kadispora Riau Doni Aprialdi mengatakan pengukuhan sekaligus kontingen Popnas Riau akan digelar Jumat (8/9) besok di Gedung Daerah atau Gubernuran Provinsi Riau. Pengukuhan dilakukan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Awalnya pengukuhan dan pelepasan kontingen direncanakan pada Sabtu  (9/9) malam. ''Tapi karena jadwal awal Pak Gubernur tak bisa disebabkan ada acara lain makanya pengukuhan digelar besok. Kami menyesuaikan jadwal Pak Gubernur,'' ujar Kadispora Riau Doni Aprialdi, Kamis.

TC ini diikuti 220 atlet dan dibuka oleh Kabid Olahraga Dispora Riau Yusfar yang mewakili Kadispora Riau Doni Aprialdi di Hotel Resty Menara Pekanbaru. Atlet diinapkan di hotel.

Yusfar menambahkan  TC yang dilakukan ini hanya untuk memadukan hasil latihan yang dijalani oleh atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan atlet non-PPLP hasil penjaringan saat Popda dan Popwil  lalu sehingga kemampuan mereka lebih berimbang.

Pada Popnas 2017 Dispora Riau mematok target masuk lima besar dalam daftar klasemen perolehan medali. Target tersebut realistis karena apalagi kontingen Pulau Jawa seperti Jawa Timur, DKI Jakarta dan Jawa Barat dan tuan rumah Jawa Tengah diperkirakan masih mendominasi perolehan medali.
Pada Popnas 2015 lalu, Riau  berada di urutan tujuh besar.  

"Target  lima besar memang berat karena di atas capaian dua tahun lalu. Namun kami yakin para atlet yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari bisa mewujudkan hal ini," papar Yusfar.

Untuk meraih target tersebut, Dispora Riau  mengandalkan cabor renang, sepaktakraw, silat, gulat, angkat berat dan angkat besi. Meskipun begitu ia berharap cabor lainnya bisa meraih medali emas sebanyak mungkin.(MC Riau/mad)