close× Telp +62 761 45505
close×

RSUD Petala Bumi Luncurkan Aplikasi Simpati Dan Sitaro

Selasa, 13 Nov 2018 | 699 kali dilihat

PEKANBARU - Ada yang menarik pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Provinsi Riau. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi Provinsi Riau meluncurkan dua aplikasi yaitu, Aplikasi Sistem Informasi Ketersediaan Tempat Tidur (Simpati) dan Sistem Pendaftaran Online (Sitaro).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dr Eka Yuliartiningsih menjelaskan, Simpati adalah, sistem yang dikembangkan atas dasar kebutuhan. Seperti memonitor ketersediaan tempat tidur di RSUD Petala Bumi dan memberikan informasi tersebut secara cepat dan akurat kepada masyarakat melalui internet. 

"Simpati sudah tersedia dalam bentuk website dan aplikasi android. Ini tentunya mempermudah layanan baik bagi tim medis mau masyarakat dalam memberikan informasi secara cepat melalui internet," kata Direktur RSUD Petala Bumi, Senin (12/11/18).

Adapun inovasi terbaru dari RSUD  Petala Bumi adalah Sitaro. Yakni, sistem yang dibuat berbasis web yang dapat diakses melalui browser dan aplikasi android Sitaro. Ini bertujuan dapat mengakomodasi proses pendaftaran pasien baru, pasien lama, pencetakan tiket pendaftaran dan pencarian jadwal dokter. Selain itu juga mengakomodasi proses verifikasi pendaftaran oleh administrator pendaftaran.

"Keberadaan aplikasi ini diharapkan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan dilingkungan RSUD Petala Bumi Provinsi Riau kita apresiasi inovasi yang dibuat oleh Kasubbag Perencanaan Program Dwiasto Kawijayan beserta Tim EDP," papar Direktur RSUD Petala Bumi.

Sementara, Kepala Bagian Umum RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Indrawansyah, terus mendorong jajarannya untuk mengembangkan inovasi. 

"Saya melihat rekan-rekan saya memiliki kompetensi dan kita support mereka untuk mengembangkan inovasinya keberadaan dua aplikasi ini sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi dari layanan selain dua aplikasi ini sebelumnya juga sudah pernah kita launching aplikasi Simponi untuk rujukan Ponek Terintegrasi," ungkap Indrawansyah.

Simponi yang berarti Sistem Informasi Rujukan  Ponek Terintegrasi adalah aplikasi yang bersifat front-end  yang dapat digunakan oleh semua puskesmas yang bekerja sama dengan RSUD Petala Bumi Provinsi Riau. Simponiadalah aplikasi berbasis web (web-based) yang berguna untuk memudahkan  puskesmas dalam melakukan  rujukan berencana dalam satu wilayah kabupaten, kotamadya atau provinsi. (mcr/mtr)