close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri: Ini PSBB Separuh Riau

Jum'at, 15 Mei 2020

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyatakan, Jumat (15/5/2020) ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sudah diberlakukan di lima Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau. Iamenyebut PSBB ini adalah PSBB separuh Riau.

''Ini bisa dibilang PSBB separuh Riau,'' kata Syamsuar, usai melakukan rapat melalui Video Conference di Balai Serindit, Gedung Daerah, Kamis (14/5/2020).

Hasil rapat ini, jelasnya, Pertama ''kita'' telah melaksanakan PSBB separuh Riau. Langkah-langkah yang telah dilakukan, yakni beberapa hari ini Pemkab dan Pemko sudah melakukan sosialisasi dengan rakyat masing-masing.

Paska pemberlakuan PSBB ini, pihaknya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, sudah memberikan ruang bagi Pemkab dan Pemko sesuai dengan situasi dan kondisi (sikon) masing-masing mereka. Menurut hasil rapat dengan Pemkab dan Pemko, ada yang sudah siap melaksanakan. 

''Acuan pelaksanaannya, tentunya sesuai kekuatan di masing-masing kota dan Pemkab,'' sebut Gubri.

Terkait Sambako, dalam laporannya, rata-rata pemerintah Kota dan pemerintah kabupaten sudah memberikan sembako. Termasuk masyarakat di lima kabupaten/kota tersebut yang berada di pelosok.

Dari beberapa laporan Pemko dan Pemkab, untuk sembako dan dana desa disampaikan sudah disampaikan. Saat ini, paska penetapan PSBB ini. Pihaknya akan menyesuaikan agar sejalan, dengan Pemkab dan Pemko. 

''Kita menyesuaikan, karena Pekanbaru mulai lagi menerapkan PSBB,'' ungkap Gubri.

Karena PSBB, besok sudah dilaksanakan. Gubri menegaskan, tidak ada jalan lain, agar Riau dapat memutus mata rantai. Maka, masyarakat harus disiplin, pakai masker hindari kerumunan, cuci tanfan.

''Kalau dilaksanakan itu salah satu upaya kita memutus covid-19,'' sebut Gubri.

Gubri juga menegaskan, bahwa imbauan mudik tetap diminta tidak dilakukan.

''Masyarakat kita imbau tak usah dulu lah mudik. Karena di Sumut juga merah dan di Sumbar juga merah,'' pungkasnya. (MCR/HB)