close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Silahturahmi Dengan Balai Perhubungan

Jum'at, 20 Nov 2020 | 1076 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan silahturahmi dengan Balai Perhubungan di Rumah Dinas Gubernur Riau, Jumat (20/11/2020). Dalam pertemuan tersebut Gubri bersama Staf Ahli Menteri Perhubungan RI, Umar Haris membahas mengenai peninjauan serta perkembangan sektor perhubungan di Provinsi Riau baik transportasi udara, laut, maupun darat.

"Waktu itu ada rapat bersama Pak Presiden dengan beberapa negara seperti Indonesia, Bangkok, Malaysia Thailand, melalui rapat tersebut Presiden harapkan adanya konektivitas Thailand dan Indonesia bisa melalui Riau," kata Gubri saat memulai perbincangan.

Selain itu juga, diharapkan juga perhubungan antara Indonesia dengan Malaysia juga bisa melalui pelabuhan Roro di Kota Dumai. Dilanjutkannya, untuk itu pembangunan pelabuhan Roro Dumai begitu penting.

"Kami dari sisi darat akan kami siapkan tapi dari laut mohon siapkan," lanjutnya.

Ia menambahkan selain sektor laut, ada juga sektor daratan, saat ini pembangunan tol Pekanbaru Dumai telah selesai, selanjutnya ada pembangunan tol Pekanbaru ke Jambi dan Pekanbaru ke Sumbar. Melalui pembangunan tersebut Riau memilikii prospek tinggi untuk menarik wisatawan yang berkunjung atau bagi pengusaha yang ingin berinvestasi.

"Pembangunan jalan raya ini menjadi prospek yang tinggi di Riau, jika ada pengusaha yang ingin transit waktunya jadi efesien," jelasnya.

Kemudian, Gubri menuturkan pembangunan pada perhubungan laut dan darat sangat luar biasa perkembangannya. Untuk saat ini transportasi udara seperti penerbangan internasional untuk bisa dibuka sebagai salah langkah meningkatkan perekonomian daerah.

"Jika penerbangan internasional seperti dari Riau ke Singapura dibuka harus ada kesiapan dari pihak bandara untuk menerima seperti perhatikan protokol kesehatannya," ujarnya.

Gubernur Syamsuar mengharapkan walaupun di tengah pandemi diharapkan pembangunan sektor perhubungan terus tetap berjalan, sehingga ini  dapat mendorong pertumbuhan pada sektor perekonomian daerah.

Pada kesempatan saat itu juga Staf Ahli Menteri Perhubungan RI, Umar Haris menyampaikan apresiasi terhadap implementasi penanganan covid-19 di bandara maupun di pelabuhan.

"Provinsi Riau termasuk dalam catatan bagus sekali dalam implementasi penanganan covid 19 di bandara dan di pelabuhan," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan mendukung terhadap program pembangunan perhubungan yang menjadi perhatian oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Apalagi menurutnya pembangunan jalan tol merupakan langkah strategis yang bisa menunjang perekonomian daerah kedepannya. (MCR/DW)